Efektivitas Media Komunikasi dalam Sosialisasi Logo Baru Best Western Papilio Hotel Surabaya

Lidya Gosalim(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator sampai kepada komunikan. Sosialisasi perubahan logo baru di Best Western Papilio Hotel Surabaya ini dilakukan oleh public relations menggunakan empat media komunikasi, yaitu: intranet, management conference, briefing dan papan pengumuman. Dalam melakukan sosialisasi menggunakan empat media ini diperlukan 5 elemen dari efektivitas media komunikasi yaitu, credibility, reach & exposure frequency, efficiency, flexibility dan context.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas media komunikasi dalam sosialisasi perubahan logo baru di Best Western Papilio Hotel Surabaya oleh public relations yang dinilai oleh karyawan internal. Dalam hal ini, dipilih responden yang merupakan karyawan kontrak dari Best Western Papilio Hotel Surabaya yang memiliki akses untuk empat media komunikasi tersebut sejumlah 90 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jika dilihat dari kelima elemen pada masing-masing empat media komunikasi, didapatkan hasil penelitian bahwa ke-empat media komunikasi tersebut memiliki hasil yang efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa responden menilai bahwa sosialisasi perubahan logo baru menggunakan empat media komunikasi adalah sosialisasi yang efektif karena memiliki interval lebih dari 0.5 sehingga dapat dikatakan efektif.


Keywords


Efektivitas Media Komunikasi, Public Relations, Sosialisasi, Perubahan Logo Baru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI