TINGKAT PENGETAHUAN PEREMPUAN SURABAYA MENGENAI IKLAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY REVLON KISS FOR LIFE MELALUI MEDIA ABOVE DAN BELOW THE LINE

Vera Arindita(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan perempuan Surabaya mengenai iklan CSR Revlon Kiss for Life melalui media above dan below the line. Televisi, majalah, facebook, dan folder digunakan untuk mengkomunikasikan iklan Kiss for Life. Elemen iklan yaitu penggambaran visual turut berperan sebagai indikator untuk mengukur tingkat pengetahuan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan pengetahuan perempuan Surabaya mengenai iklan CSR Revlon Kiss for Life melalui media above dan below the line tergolong sedang.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Media Above dan Below The Line, Elemen Visual Iklan.

Full Text:

PDF

References


Antrim, W.H. (2000). Advertising (2nd ed.). USA: McGraw-Hill, Inc.

Belch, G.E. & Belch, M.A. (2009). Advertising and promotion: an integrated marketing communications perspective (8th ed). New York: McGraw-Hill Irwin.

Bungin, H.M.B. (2009). Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Engel, J.F., Blackwell, R., & Miniard P.W. (1995). Perilaku konsumen jilid I. Jakarta: Binarupa Aksara.

Gilmer. (1997). Customer behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.

Shimp, T.A. (2000). Periklanan promosi: aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu (5th ed). Jilid I. Jakarta: Erlangga

Journal of Business Research. (2006). The impact of perceived corporate social responsibility on consumer behavior. Retrieved March 26, 2012, from http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/28427/4/Chapter%20II.pdf

Karijanto, L.W. (2008). Sikap masyarakat surabaya mengenai iklan televisi csr agua “1 untuk 10”. (Skripsi No. 10010343/KOM/2008). Published. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2012, January). Press release: Surabaya kota peduli perempuan. Retrieved March 13, 2012, from http://www.menegpp.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=530:press-release-surabaya-kota-peduli-perempuan&catid=36:press-release&Itemid=87

Kuncoro, N. (2010). Tingkat pengetahuan pesan iklan layanan masyarakat konversi energi versi 'goyang bung hijau' pada masyarakat surabaya. (Skripsi No. 100110585/KOM/2010). Published. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: serba ada serba makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lowendick, S.C. (2008, December). Revlon situational analysis. Retrieved February 12, 2012, from http://www.issuu.com/1617lowends/docs/revlonanalysis.

Morissan. (2010). Periklanan: komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rossiter, J.R. (1982). Visual imagery: applications to advertising. Advances in Consumer Research Volume 9 Columbia University. Retrieved April 3, 2012, from http://www.acrwebsite.org/volumes/display.asp?id=5909.

Shimp, T.A. (2000). Periklanan promosi: aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu (5th ed). Jilid I. Jakarta: Erlangga

Wells, W., Moriarty, S., & Burnett, J. (2006). Advertising: principles and practice (7th ed). USA: Pearson Prentice Hall.

Widyatama. R. (2009). Pengantar periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Wiryanto. (2003). Teori komunikasi massa. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI