RELATIONSHIP MAINTENANCE STRATEGIES MELALUI FACEBOOK AIRASIAINDONESIA DALAM KOMUNIKASI KRISIS AIRASIA INDONESIA QZ8501

Jessica Ivone Erwind(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Relationship Maintanance Strategies melalui Facebook AirAsiaIndonesia yang merupakan perusahaan penerbangan swasta asal Malaysia. AirAsia merupakan maskapai terbaik di dunia airline pada bidang biaya rendah di World Airline Survey tahunan oleh Skytrax selama enam tahun berturut-turut 2009-2014. Dalam penelitian ini, akan melihat penggunaan teori relationship maintenance strategies dalam komunikasi krisis melalui facebook AirAsiaIndonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian deskriptif guna memetakan penggunaan teori relationship maintenance strategies pada facebook AirAsiaIndonesia selama masa krisis AirAsia Indonesia QZ 8501. Peneliti menganalisis seluruh informasi (gambar, berita, video) dari facebook AirAsia Indonesia selama krisis sejumlah 64 post resmi dari AirAsiaIndonesia. Hasil penelitian ini adalah data yang membuktikan bahwa relationship maintenance strategies dapat digunakan sebagai acuan dalam menjaga hubungan melalui media sosial facebook untuk melakukan komunikasi krisis. Penelitian ini juga membuktikan bahwa menjaga hubungan dengan publik pada saat melakukan komunikasi krisis dapat menjaga citra dan membentuk reputasi perusahaan.


Keywords


Relationship Maintenance Strategies, Media Sosial Facebook, Komunikasi Krisis, AirAsia Indonesia, QZ8501.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI