Hambatan Komunikasi dalam Aktivitas Bimbingan Belajar antara Tutor dengan Anak kelas V SD di Bantaran Sungai Kalimas Surabaya

Timotius Christianto Chandra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai hambatan komunikasi dalam aktivitas bimbingan belajar antara tutor dengan kelompok anak kelas V SD di Bantaran Sungai Kalimas Surabaya. Peneliti menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian dan observasi non-partisipan dan wawancara dengan informan penelitian (tutor dan anak kelompok kelas V SD) sebagai teknik pengumpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara anggota kelompok yang bersekolah formal sekaligus mengamen dengan anggota yang bersekolah formal saja. Dalam hambatan komunikasi yang dikemukakan oleh DeVito, hambatan fisik dalam konteks situasi tempat bimbel yang tidak kondusif dan hambatan psikologis yang menghambat komunikasi kelompok. Selain itu terdapat hambatan lain dalam komunikasi kelompok yaitu kecenderungan anggota kelompok dalam memilih pelajaran yang mereka kehendaki, membuat komunikasi terhambat.


Keywords


Hambatan Komunikasi, Bimbingan Belajar, Kelompok Kecil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI