Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Menyampaikan Materi Pelajaran Kepada Murid Tunarungu Di Slb-B Karya Mulia Surabaya

Glenis Ovina Deborah(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan komunikasi interpersonal yang dimiliki guru dalam menyampaikan materi pelajaran Bahasa Indonesia kepada murid tunarungu di SLB-B Karya Mulia Surabaya. Keterampilan komunikasi interpersonal ditinjau berdasarkan tujuh indikator yang dikemukakan oleh DeVito, yaitu; keterbukaan, empati, sikap positif, kebersatuan, manajemen interaksi, daya ekspresi, dan orientasi kepada orang lain.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian survey. Total sampling yang terdapat dalam penelitian ini berjumlah 77 responden. Berdasarkan hasil survey, keterampilan komunikasi interpersonal yang dimiliki guru ada pada kategori tinggi pada semua indikator. Indikator keterbukaan merupakan indikator yang paling tinggi dan indikator empati merupakan yang terendah diantara indikator lainnya.


Keywords


Keterampilan, komunikasi interpersonal, tunarungu, SLB-B Karya Mulia Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI