Iklim Komunikasi Organisasi di Hotel Savana Malang

Andy Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada dasarnya, setiap perusahaan membutuhkan komunikasi yang bagus untuk menjalankan usaha-usaha mereka. Oleh karena itu, untuk menunjang lancarnya komunikasi di perusahaan perlu ditunjang juga oleh iklim komunikasi organisasi yang baik. Iklim komunikasi organisasi dapat mempengaruhi perilaku setiap anggota di dalam organisasi. Iklim komunikasi organisasi juga berperan penting dalam organisasi karena mengkaitkan konteks organisasi dengan konsep, perasaan, dan harapan anggota organisasi. Teori yang digunakan adalah teori iklim komunikasi organisasi oleh Pace dan Faules (2000) dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei (Bungin, 2005, p. 35), peneliti juga menggunakan metode wawancara pada penelitian ini. Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi yang ada pada Hotel Savana Malang adalah positif, yaitu kondisi kerja atau suasana kerja daripada karyawan internal yang ada di Hotel Savana Malang juga. Suasana yang mendukung ditunjukkan dengan indikator yang ada pada teori daripada Pace dan Faules yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, dan perhatian pada tujuan berkinerja tinggi


Keywords


Komunikasi Organisasi, Iklim Komunikasi Organisasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI