Kepuasan Followers akun infia_fact Dalam Mendapatkan Informasi pada akun infia_fact di Instagram

Maria Christyfera Fakoniko(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Uses and gratifications adalah sebuah teori komunikasi massa dimana audiens memiliki hak untuk memilih media apa yang ingin digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan yang didapatkan followers akun infia_fact dalam mendapatkan informasi di akun infia_fact. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah followers akun infia_fact berusia 12-24 tahun, yang merupakan target range usia dari infia_fact. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai data utama dengan pengukuran menggunakan skala likert. Ada 2 indikator yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu indiaktor motif sosial dan motif informasi. Indikator yang digunakan adalah Johnson dan Yang pada tahun 2007. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa followers akun infia_fact mendapatkan kepuasan kedua motif tersebut, dan motif yang dominan adalah motif informasi. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI