KEPUASAN MASYARAKAT SURABAYA DALAM MENONTON PROGRAM VARIETY SHOW DAHSYAT DI RCTI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan masyarakat Surabaya dalam menonton program “dahSyat” di RCTI. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan variabel Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) yang memiliki indikator disesuaikan dengan konten program “dahSyat” yaitu untuk musik, masak, games, dan reality. Setelah melalui two shots data collect, dilakukan penggolongan menjadi indikator Informasi / Keingintahuan, Pelarian, Kegunaan Sosial, Identifikasi Sosial, dan Hiburan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis eksplanatif dengan statistik inferensial serta uji crosstab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Surabaya mendapatkan kepuasan dalam semua indikator dengan indikator yang dominan adalah Hiburan, dan terjadi kepuasan yang tidak diharapkan sebelumnya di indikator Informasi/ Keingintahuan. Hasil secara umum dinyatakan bahwa masyarakat Surabaya mendapatkan kepuasan dalam menonton program “dahSyat” di RCTI.References
Agyekwena, Bernice.(2006). The uses and gratification theory in relation to television. Retreived March 30th, 2012 from: <http://www.scribd.com/doc/32903764/The-Uses-and-Gratification-Theory-as-Applied-to-Television>
Badan Pusat Statistik Surabaya. (2012). Surabaya dalam angka 2012. Surabaya: Authors.
“Daftar lengkap pemenang Panasonic Award 2011”. Detik.com. Retreived November 15th, 2011. http://hot.detik.com/read/2011/03/26/014501/1601668/231/daftar-lengkap-pemenang-panasonic-gobel-awards-2011>
Hemnah, Cory L.(2009). Uses and gratifications of the Food Network. Retreived April 1st, 2012 from: <http://scholarworks.sjsu.edu/etd_theses/3657>
Kriyantono, Rachmad. (2009). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Livingstone, Sonia. (2000). Television and the active audience. Retrieved April 1st, 2012 from: <http://eprints.lse.ac.uk/1004/1/Television_and_the_active_audience%2Bcover.pdf>
Mc Quail, D., Blumler,J. & Brown, R. (1972). The television audience:A revised perspective in D. McQuail (ed.): Sociology of Mass Communication.. London: Longman
Morissan. (2004). Jurnalistik Televisi Mutakhir. Bogor : Ghalia Indonesia.
Naratama. (2004). Menjadi Sutradara Televisi dengan Single dan Multi Camera. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurudin, M.Si. (2009). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Papacharissi, Z., & Mendelson, A.L. (2007,July). An exploratory study of reality appeal: Uses and gratifications of reality shows. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 51(2), 355-370. Retreived March 20, 2012, from <http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CCUQFjAA&url=http%3A%2F%2Ftigger.uic.edu%2F~zizi%2FSite%2FResearch_files%2FJobemRealityTV.pdf&ei=0nWCT431NoK8rAe-oMjkBQ&usg=AFQjCNEXoNDHu52Vwpt_gu343LlfX6qUng&sig2=iSpkAO1jzm6Yf96OSgXy5A>
“Profil Perusahaan RCTI” www.rcti.tv. 2011. Retreived November 15th, 2011. <http://www.rcti.tv/page/profil-perusahaan.htm>
“Profil Program Dahsyat”.www.rcti.tv.2011. Retreived November 15th, 2011.
Rakyat Indonesia Doyan Nonton Televisi. Prospek Bisnis TV Berbayar Cerah Retreived April 2nd, 2012 from: <http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/11/ 05/10/lkz19r-rakyat-indonesia-doyan-nonton-televisi-prospek-bisnis-tv-berbayar-cerah>
Rating Program “dahSyat” The Nielsen Company, Retreived April 3th, 2012 from
Silalahi, Ulber. (2010). Metode penelitian sosial. Bandung: PT. Rafika Aditama