Pengukuran Kualitas Hubungan Partai Politik Gerakan Indonesia Raya dengan Followers-nya dalam Twitter @Gerindra pada Kampanye Pemilu Legislatif 2014

Agnes Marcellia(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas hubungan antara Partai Gerakan Indonesia Raya dengan followers-nya @Gerindra pada peride 16 Maret 2014 – 5 April 2014. Elemen-elemen yang digunakan pada pengukuran kualitas hubungan yakni kontrol mutualitas (control mutuality), kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) (Grunig dan Huang, 2000) sangat berperan penting dalam suatu organisasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis isi untuk mendeskripsikan kualitas hubungan melalui twitter. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tweet dan feedback dari Gerindra sebanyak 499 dan followers sebanyak 767. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tweet dan feedback yang diberikan Gerindra banyak mengandung konten pencitraan partai dan tokoh yang diusung, sedangkan tweet dan feedback followers banyak mengandung pesan informatif. Hubungan antara Gerindra dan followers-nya melalui media sosial adalah Asimetris, yakni interaktivitas kedua pihak tidak menunjukkan hasil yang sama pada indikator yang sama.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI