Strategi Komunikasi Internal PT X Dalam Membina Employee Engagement

Filemon Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebuah perusahaan outsourcing (alih daya) yang beroperasi dengan sumber daya yang bermodalkan manusia membutuhkan pembinaan Employee Engagement sebagai upaya perusahaan dalam mempertahankan modal utama tersebut. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi internal dari PT X dalam membina Employee Engagement ditengah kondisi perusahaan yang memiliki permasalahan dalam turnover dengan kondisi karyawan yang mayoritas berlatar belakang ekonomi dan pendidikan yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dimana peneliti menemukan bahwa inti dari strategi komunikasi internal dalam pembinaan Employee Engagement yang dilakukan PT X adalah dengan menyampaikan pesan untuk menanamkan kesadaran, dan mengarahkan cara berpikir karyawan. Perwujudan dari strategi komunikasi internal perusahaan adalah melalui taktik komunikasi internal, yaitu acara penghargaan, pelatihan resmi, kunjungan manajemen, media internal, dan pendekatan internal. Keseluruhan dari implementasi strategi dalam pembinaan Employee Engagement secara spesifik dikelola oleh tiga departemen khusus dalam perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI