Manajemen Komunikasi Privasi Seorang Mantan Pria Simpanan

Felicia Njotorahardjo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berangkat dari sebuah fenomena yakni ketika seorang mantan pria simpanan melakukan pengungkapan informasi tentang dirinya terhadap komunitas gereja. Biasanya orang menceritakan informasi diri pada orang yang dekat dan dikenalnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai proses manajemen komunikasi privasi seorang mantan pria simpanan. Peneliti menggunakan tinjauan pustaka yang terkait dengan teori Communication Privacy Management (CPM), Asumsi dasar CPM, dan definisi pria simpanan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, serta metode studi kasus dengan cara observasi dan wawancara mendalam yang kemudian dipaparkan secara deskriptif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa individu menutup rapat informasi privat terhadap keluarga tentang tindakan yang pernah dilakukannya sebagai seorang pria simpanan. Alasan penutupan informasi tersebut adalah karena individu takut bila terjadi penyesalan dalam keluarganya. Individu melakukan pengungkapan kepada sahabat, mantan pacar, dan komunitas gereja. Hasil penelitian juga menunjukkan terjadinya beberapa gangguan batasan  yang  dialami oleh individu atas privasi yang dimilikinya.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI