Ekspresi Emosi Melalui Computer Mediated Communication Pada Pengguna Social Network Sites Di Kota Surabaya

Amalia Pranata(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejak awal tahun 2000an, ribuan digital natives di Kota Surabaya saling terkoneksi melalui komunikasi termediasi, khususnya situs jejaring sosial. Namun studi terdahulu menemukan bahwa computer mediated communication (CMC) memiliki keterbatasan dalam hal ekspresi emosi. CMC dianggap sebagai media yang tidak kaya karena tidak memiliki social presense dan social visibility seperti pada face to face communications. Penelitian ini bertujuan untuk membahas penggunaan penanda emosi pada pengguna situs jejaring sosial di Kota Surabaya. Penanda emosi tersebut adalah: tanda seru atau tanda tanya, tanda titik, kapitalisasi, huruf tambahan dan emoticon. Berdasarkan hasil survei pada digital natives, pengguna berada pada level slightly expressive. Hal ini merupakan awal yang baik bagi pengguna dalam pengembangan penanda emosi. Pengguna ditemukan lebih banyak menggunakan penanda emosi yang memiliki karakteristik visual dan multivarian. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI