Motif Penonton Perempuan Surabaya dalam Menonton Program Televisi “On The Spot” di Trans7

Herlina Telengkeng(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Teori Uses and Gratification merupakan teori yang mengasumsikan bahwa pengguna media mempunyai pilihan dalam mengkonsumsi media untuk memuaskan kebutuhannya. Teori ini menekankan pada khalayak yang aktif menentukan pilihan atas media massa yang dipilihnya. Program “On The Spot” di Trans7 merupakan subjek penelitian yang dipilih peneliti. Hal ini dikarenakan program ini merupakan program televisi yang menarik karena menggunakan video-video yang diunduh ke Youtube dan memiliki rating yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pemirsa Surabaya khususnya perempuan dalam menonton program “On The Spot” di Trans7 yang ditayangkan di televisi. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Pengukuran motif dilakukan dengan membandingkan nilai mean dari 4 jenis motif yaitu motif informasi, motif identitas personal, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan. Motif yang tertinggi dari hasil penelitian adalah Motif Hiburan dan Motif Integritas dan Interaksi Sosial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI