Opini Pemilih Pemula Mengenai Iklan Politik “Kuis Kebangsaan WIN-HT” Partai Hanura di RCTI

Ervina Sulistyo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini pemilih pemula di Surabaya mengenai iklan politik Kuis Kebangsaan WIN-HT partai Hanura di RCTI . Kuis Kebangsaan WIN-HT merupakan bentuk iklan politik dalam format baru yang dapat ditemui pada periode Pemilu 2014. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui opini pemilih pemula dalam menilai Kuis Kebangsaan WIN-HT yang juga sempat menuai prokontra di tengah masyarakat. Terdapat beberapa komponen opini yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu komponen kepercayaan, nilai dan pengharapan pemilih pemula terhadap iklan politik ini.

Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei untuk mendeskripsikan opini pemilih pemula. Berdasarkan konsep dan teori, sebuah proses komunikasi politik yang baik akan menghasilkan efek yang positif. Namun hasil penelitian menunjukkan opini pemilih pemula negatif terhadap iklan politik Kuis Kebangsaan WIN-HT di RCTI. Hal ini terjadi karena pemilih pemula kini lebih kritis dan cerdas dalam menanggapi isi pesan dan proses penyampaiannya yang dinilai sebagai settingan untuk membangun citra kandidat yang merupakan pemilik media.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI