Penggunaan Anggun C. Sasmi sebagai Celebrity Endorser dalam iklan Pantene versi “Bersinarlah Bersama Anggun”

Cynthia Sidharta(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang celebrity endorser didefinisikan sebagai seorang figure yang dikenal baik oleh publik dan memerankan dirinya sebagai konsumen dalam iklan. Selebriti meliputi bintang film maupun bintang televisi, bintang olahraga, penyanyi dan orang-orang tertentu lainnya yang berpengaruh. Iklan menciptakan suatu pesan dan pengiriman pesan kepada seseorang atau target market dengan harapan orang tersebut akan bereaksi. Jika hal itu terjadi dapat dikatakan iklan tersebut efektif. Endorser yang merupakan salah satu elemen penting dalam iklan memiliki peran terhadap kesuksesan perusahaan, salah satu mempengaruhi brand image dimana merupakan suatu kesan yang ada di benak konsumen atas suatu merek. Brand image seorang celebrity endorser mencakup 5 indikator yaitu Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect dan Similarity. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori celebrity endorser dimana ada keterkaitan dengan teori brand image. Peneliti melihat brand image Anggun di dalam iklan  terhadap target market dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling dimana peneliti mempunyai syarat tersendiri dalam memilih responden yang akan diberi kuisioner. Berdasarkan hasil analisis yang disimpulkan bahwa ada brand image yang positif dari Anggun C. Sasmi sebagai celebrity endorser dalam iklan Pantene versi “Bersinarlah Bersama Anggun”


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI