KONSTRUKSI KECANTIKAN DALAM IKLAN KOSMETIK WARDAH

Authors

  • Hulda Grace Worotitjan Petra Christian University

Keywords:

Interior Design, Photography Centre, Surabaya, One-stop Service.

Abstract

Iklan kosmetik selama ini, menggambarkan kecantikan melalui penampilan fisik yang menonjolkan bagian tubuh tertentu sebagai daya tarik perempuan. Ditengah keberadaan iklan-iklan tersebut, Wardah kemudian muncul dan menampilkan sesuatu yang berbeda dengan menampilkan perempuan berhijab dalam iklannya. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dengan kode televisi John Fiske. Kecantikan yang dikonstruksi dalam iklan ini adalah kecantikan feminin yang mengarah kepada budaya patriarki dan tuntutan kapitalisme.

References

Fiske, J. (1987). Television Culture. New York: Routledge

Fiske, J. (2007). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra

Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak

Synnott, A. (2007). Tubuh Sosial: Simbolisme, Diri dan Mayarakat. Yogyakarta: Jalasutra

Wolf, N. (2002). Beauty Myths: How Images of Beauty Used Against Women. New York: Morrow

Vidyarini, T. N. (Juli 2007). Representasi Kecantikan dalam Iklan Kosmetik The Face Shop. Scriptura 1.(2), p.82-9. Retreived 7 Maret 2013, from http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/iko/article/viewFile/16685/16677

Downloads

Published

2014-07-03

Issue

Section

Articles