KONSTRUKSI KECANTIKAN DALAM IKLAN KOSMETIK WARDAH
(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author
Abstract
Iklan kosmetik selama ini, menggambarkan kecantikan melalui penampilan fisik yang menonjolkan bagian tubuh tertentu sebagai daya tarik perempuan. Ditengah keberadaan iklan-iklan tersebut, Wardah kemudian muncul dan menampilkan sesuatu yang berbeda dengan menampilkan perempuan berhijab dalam iklannya. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dengan kode televisi John Fiske. Kecantikan yang dikonstruksi dalam iklan ini adalah kecantikan feminin yang mengarah kepada budaya patriarki dan tuntutan kapitalisme.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fiske, J. (1987). Television Culture. New York: Routledge
Fiske, J. (2007). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra
Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak
Synnott, A. (2007). Tubuh Sosial: Simbolisme, Diri dan Mayarakat. Yogyakarta: Jalasutra
Wolf, N. (2002). Beauty Myths: How Images of Beauty Used Against Women. New York: Morrow
Vidyarini, T. N. (Juli 2007). Representasi Kecantikan dalam Iklan Kosmetik The Face Shop. Scriptura 1.(2), p.82-9. Retreived 7 Maret 2013, from http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/iko/article/viewFile/16685/16677
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI