MAINTENANCE RELATIONSHIP DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL AYAH DAN ANAK YANG BERLAINAN TEMPAT TINGGAL

Premeira Widya(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi interpersonal dimulai dari lingkungan keluarga. Komunikasi antara ayah dan anak yang baik akan sangat mempengaruhi kecerdasan emosional seorang anak yang akan membuatnya tumbuh menjadi sosok dewasa yang berhasil. Meskipun demikian penting hubungan antara ayah dan anak, pada kenyataannya tidak semua ayah dan anak tinggal dalam satu rumah, terdapat pula ayah harus menjalin hubungan jarak jauh dengan anaknya, seperti karena pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses maintenance relationship dalam komunikasi interpersonal ayah dan anak yang berlainan tempat tinggal. Penelitian ini menggunakan teori maintenance relationship yang difokuskan dalam hal hubungan jarak jauh yaitu, Positivity, Openness, Assurances, Sharing tasks, Social networks, Joint activities, Mediated communication, Avoidance, Antisocial, dan Humor. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam hubungan jarak jauh, pemeliharaan hubungan memang sangatlah penting, sehingga peran ayah dan anak dapat terpenuhi.


Keywords


Maintenance Relationship; Komunikasi Interpersonal; Ayah dan Anak; Berlainan Tempat Tinggal

Full Text:

PDF

References


BeritaSatu. (09, April 2012). Pentingnya Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak. Diambil dari: http://www.beritasatu.com/keluarga/41565-pentingnya-peran-ayah- dalam-pertumbuhan-anak.html

Canary, D. J., & Dainton, M. (2003). Maintaining relationships through communication. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Canary, D. J., Cody, M. J., & Manusov, V. L. (2008). Interpersonal Communication a Goals-Based Approach. Boston: Bedford/St. Martin’s.

DeVito, J. A. (2011). Interpersonal messages communication and relationship skills. Boston: Pearson Education.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Segrin, C., & Flora, J. (2005). Family communication. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Yin, R. K. (2009). Studi kasus desain dan metode. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI