KEPUASAN ANGGOTA DPD PARTAI GERINDRA DALAM PENGGUNAAN CMC SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI INTERNAL
(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah kepuasan anggota Partai Gerindra dalam penggunaan CMC sebagai sarana komunikasi internal. Pada penelitian ini konsep kepuasan dapat dilihat menggunakan konsep Uses and Gratifications yang menekankan bukan apa yang dilakukan media terhadap khalayak, tetapi pada apa yang dilakukan khalayak terhadap media. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survey. untuk mendeskripsikan kepuasan anggota dalam menggunakan CMC pada Partai Gerindra. Pada penelitian ini mengukur Kepuasan menggunakan Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). Dari hasil penelitian disimpulkan secara keseluruhan Anggota DPD Partai Gerindra Jatim tidak puas dalam penggunaan CMC sebagai sarana komunikasi internal. Dari keempat indikator, untuk indikator diversion, social interaction dan personal identity, tidak memuaskan pemakainya. Sedangkan pada indikator surveillance, telah memuaskan pemakainya.
Keywords
Kepuasan; Computer Mediated Communication; Partai Gerindra
Full Text:
PDFReferences
Goldhaber, G.M. (1993). Organizational Communication. McGraw-Hill.
McQuail, D. (1987). Teori Komunikasi Massa : Suatu Pengantar (2nd ed) (Agus Dharma dan Amimuddin Ram). Jakarta : Erlangga
McQuail, D. (1997). Audience analysis. London:SAGE
Pace, W.; Faules, D. F. (2006). Komunikasi organisasi : Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Ed. Deddy Mulyana. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset
Robbins, S. P., Timothy, A., Judge. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta:Salemba Empat
Miller, K. (2006). Organizational Communication. Wadsworth Cengage Learning.
Kriyantono, R. (2009). Teknik praktis, riset komnikasi. Jakarta:Kencana Prenada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI