PENERIMAAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP UJIAN NASIONAL DALAM FILM SERDADU KUMBANG

Caroline J.S Juang(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan guru sekolah dasar terhadap Ujian Nasional dalam film Serdadu Kumbang. Film ini merupakan salah satu film tentang pendidikan yang mengangkat masalah Ujian Nasional.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis penerimaan. Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini memberikan gambaran bagaimana informan yang berprofesi sebagai guru menerima pesan mengenai Ujian Nasional yang ada dalam film Serdadu Kumbang.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pemaknaan yang diberikan informan dipengaruhi oleh latar belakang pemahaman dan pengalaman mereka masing-masing. Informan pertama dan ketiga memiliki penerimaan opposisional, sedangkan informan kedua memiliki penerimaan negosiasi. Penerimaan kedua informan tersebut dilatarbelakangi oleh pengalaman mereka yang sama-sama pernah mengajar di daerah dan kini bertugas di kota. Sedangkan informan ketiga dilatarbelakangi oleh pengalamannya mengajar di daerah dengan lingkungan sosial dan keadaan ekonomi yang terbatas menyebabkan informan minim mengonsumsi media dan tidak berkembang, sehingga kondisi tersebut berpengaruh pada penerimaannya terhadap Ujian Nasional dalam film Serdadu Kumbang.


Keywords


Analisis Penerimaan; Guru Sekolah Dasar; Ujian Nasional; Film Serdadu Kumbang

Full Text:

PDF

References


Akuntono, I. (2012). PBNU: Kami Menentang Ujian Nasional. Retrieved September 5, 2013, from http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/21/13573711/PBNU.Kami.Menentang.Ujian.Nasional

Baran, S.J. & Davvis D.K. (2003). Mass communication theory. Belmont: Wadsworth.

Feybelumuru. (2011). Serdadu Kumbang Sebuah Kritik Sosial. Retrieved Maret 4, 2013, from http://feybelumuru.wordpress.com/2011/12/05/serdadu-kumbang-sebuah-kritik-sosial-3/

Hadi, I. P. (2009, Januari). Penelitian khalayak dalam perspektif reception analysis. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, 3 (1), 1-7. Retrieved Maret 4, 2013, from http://puslit.petra.ac.id/files/published/journals/IKO/IKO090301/IKO09030101.

Pdf

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jaedun,A. (2011). Benchmarking Standar Mutu Pendidikan. Bogor: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. Retrieved Desember, 20, 2013 from ttp://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/drs-amat-jaedun-mpd/Benchmark%20Standar%20Mutu%20Pend.pdf

McQuail, D. (1997). Audience Analysis. London. SAGE Publications, Inc.

Moleong,L .J.(2004).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS

Rani, S. (2011). Misi Mulia Serdadu Kumbang. Retrieved April 18, 2013, from http://edisicetak.joglosemar.co/berita/misi-mulia-serdadu-kumbang-46789.htm

Sholeh, M. (2007). Cita-Cita Realita Pendidikan. Jakarta: Institute for Public Education

Sobur, A. (2004). Analisis teks media: Suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik dan framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

http://thesis.binus.ac.id/Asli/Bab1/2011-1-00005-PL%20BAB%201.pdf

http://www.dpd.go.id/artikel-ujian-nasional-dan-sistim-pendidikan-nasional-perlu-dievaluasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI