HAMBATAN KOMUNIKASI DOWNWARD DAN UPWARD PADA DIVISI SALES & MARKETING BUKIT DARMO GOLF SURABAYA
(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah hambatan komunikasi downward dan upward pada divisi sales & marketing di Bukit Darmo Golf Surabaya. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dalam melakukan analisis serta menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam untuk memperoleh informasi secara mendalam dari para informan yang telah ditentukan. Hambatan komunikasi downward dan upward yang diteliti oleh peneliti adalah meliputi hambatan perilaku, hambatan struktur, hambatan bahasa, hambatan latar belakang, hambatan teknis dan hambatan jarak.
Peneliti menemukan bahwa dalam divisi sales & marketing Bukit Darmo Golf terjadi hambatan komunikasi yang dilakukan dari atasan ke bawahan maupun dari bawahan ke atasan. Dimana antara atasan dengan bawahan kurang adanya kedekatan sehingga hubungan yang terjalin pun kurang harmonis dan komunikasi pun menjadi tidak efektif. Tidak adanya meeting antara atasan dengan bawahan sehingga bawahan tidak dapat memberikan umpan balik / masukan berupa kritik dan saran. Atasan hanya berkomunikasi dengan bawahan jika ada pekerjaan yang ingin diberikan kepada bawahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, B. (2003). Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa
Liliweri, A. (2004). Wacana Komunikasi Organisasi. Bandung : Mandar Maju
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Lkis
Richmond, V. P., McCroskey, J. C., & McCroskey, L. L. (2005). Organizational
Communication: (Third Edition). USA : Pearson Education
Ruslan, R. (2002). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada
Steven., Betzy., & Hisle, J. (1996). “Hotel Managers Perceptions of Upward and
Downward Communication”. International Journal of Contemporary
Hospitality Management, Vol 8 (1), pp 29-32. Retrieved 1996, from
http://search.proquest.com/docview/228368738?accountid=45762
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Weiss, W. (1998). “Communications : Key to Successful Supervision”. Business
and Economics Journal, Vol 59 (9), pp 12-14. Retrieved 1998, from
http://search.proquest.com/docview/195587721?accountid=45762
Wursanto, I. (2005). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Yin, R. K. (2012). Application of Case Study Research. London: Sage
Zalabak, P. S. (2009). Organizational Communication: (Seventh Edition). USA :
Pearson Education
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI