HAMBATAN KOMUNIKASI DOWNWARD DAN UPWARD PADA DIVISI SALES & MARKETING BUKIT DARMO GOLF SURABAYA

Emilia Defince Simu(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah hambatan komunikasi downward dan upward pada divisi sales & marketing di Bukit Darmo Golf Surabaya. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dalam melakukan analisis serta menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam untuk memperoleh informasi secara mendalam dari para informan yang telah ditentukan. Hambatan komunikasi downward dan upward yang diteliti oleh peneliti adalah meliputi hambatan perilaku, hambatan struktur, hambatan bahasa, hambatan latar belakang, hambatan teknis dan hambatan jarak.

Peneliti menemukan bahwa dalam divisi sales & marketing Bukit Darmo Golf terjadi hambatan komunikasi yang dilakukan dari atasan ke bawahan maupun dari bawahan ke atasan. Dimana antara atasan dengan bawahan kurang adanya kedekatan sehingga hubungan yang terjalin pun kurang harmonis dan komunikasi pun menjadi tidak efektif. Tidak adanya meeting antara atasan dengan bawahan sehingga bawahan tidak dapat memberikan umpan balik / masukan berupa kritik dan saran. Atasan hanya berkomunikasi dengan bawahan jika ada pekerjaan yang ingin diberikan kepada bawahan.


Keywords


Hambatan Komunikasi; Downward Communications; Upward Communications; Sales & Marketing; Bukit Darmo Golf

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2003). Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa

Liliweri, A. (2004). Wacana Komunikasi Organisasi. Bandung : Mandar Maju

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Lkis

Richmond, V. P., McCroskey, J. C., & McCroskey, L. L. (2005). Organizational

Communication: (Third Edition). USA : Pearson Education

Ruslan, R. (2002). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada

Steven., Betzy., & Hisle, J. (1996). “Hotel Managers Perceptions of Upward and

Downward Communication”. International Journal of Contemporary

Hospitality Management, Vol 8 (1), pp 29-32. Retrieved 1996, from

http://search.proquest.com/docview/228368738?accountid=45762

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Weiss, W. (1998). “Communications : Key to Successful Supervision”. Business

and Economics Journal, Vol 59 (9), pp 12-14. Retrieved 1998, from

http://search.proquest.com/docview/195587721?accountid=45762

Wursanto, I. (2005). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Yin, R. K. (2012). Application of Case Study Research. London: Sage

Zalabak, P. S. (2009). Organizational Communication: (Seventh Edition). USA :

Pearson Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI