ROLE TALK DALAM KOMUNIKASI KELOMPOK PENGURUS KOMUNITAS KLOSS (KOREA LOVERS SURABAYA)

Ivana Christabel(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena komunikasi kelompok pada penelitian ini terjadi dalam komunikasi kelompok kecil antar pengurus dari komunitas KLOSS (Korea Lovers Surabaya). Jenis komunikasi kelompok kecil yang muncul disebut role talk atau komunikasi peran, yang mengenalkan lima peran informal, yaitu: pemimpin tugas, pembimbing sosial-emosional, pusat negatif, pelepas ketegangan dan penyedia informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan peran informal dalam kepengurusan KLOSS terjadi, lewat gaya berkomunikasi masing-masing pengurus yang mencerminkan peran apa yang mereka mainkan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pelaksanaan observasi dan wawancara secara mendalam. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah empat dari sejumlah sembilan pengurus yang bersedia untuk meluangkan waktu menjadi informan. Dengan menggunakan metode studi kasus jenis tunggal, hasil dari penelitian ini adalah adanya role talk yang terjadi dalam kepengurusan KLOSS, yang ditandai dengan munculnya lima peran informal. Meskipun kelima peran tersebut dimainkan, terdapat beberapa kekurangan dalam permainan peran tersebut, seperti adanya role rigidity.


Keywords


Komunikasi Kelompok; Role Talk; Studi Kasus; Komunitas Kebudayaan Korea; KLOSS ( Korea Lovers Surabaya)

Full Text:

PDF

References


Benne, K. D., Sheats, P. (1948). Journal of Social Issues (Volume 4, Issue 2, page 41-49, Spring 1948). Retrieved:

http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1540-4560.1948.tb01783.x/abstract

Cragan, J. F., Kasch, C R., & Wright, D. W. (2009). Communication in Small Groups: Theory, Process, Skills, International Student Edition (7th Ed.). Boston: Wadsworth Cengage Learning.

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (2nd Ed.). USA: Sage Publications.

Frey, L. R., Gouran, D., & Poole, M. S. (1999). Group Communication Theory & Research. USA: Sage Publicacations, Inc.

Goldberg, A. A. & Larson, C. E. (1985). Komunikasi kelompok: proses-proses diskusi dan penerapannya. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Harris, T. E., Sherblom, J. C. (2005). Small Group and Team Communication (3rd Ed.).

USA: Pearson Education, Inc.

Kirst-Ashman, K. K. (2000). Human Behavior, Communities, Organizations & Groups in the Macro Social Environment. Canada: Wadsworth.

Myers, S. A., Anderson, Carolyn M. (2008). The Fundamentals of Small Group Communication. USA: Sage Publications, Inc.

Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yong Jin, Dal. (2012). Hallyu 2.0: The New Korean Wave in the Creative Industry. II Journal, University of Michigan. Retrieved:

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:UYlG8DRjdGMJ:www.ii.umich.edu/UMICH/ii/Home/II%2520Journal/Documents/Fall-2012-IIJournal-Hallyu2.pdf+&hl=en&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESheZD3fiVwjVYhOcLJveXfdbYYQxoFGplyZ8Jm9jaglwsQcn3nAhV-9UY3MGtf4OlHw5DiT9L_8TRvzJevx7hNn3z6fWafUOSWfyTXuwV2VL2uuQIEj6ELXoCAVleqyfqCX08Vt&sig=AHIEtbRgarbnn412XxazhHu9fyqXKidApw


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI