KOMUNIKASI INTERPESONAL ANTARA TERAPIS DENGAN ANAK PENYANDANG ADHD

Stephannie Caroline(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mendiskripsikan proses komunikasi interpersonal antara terapis dengan anak penyandang ADHD di sekolah khusus AGCA Center. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Dalam penelitian mengenai komunikasi interpersonal yang telah dilakukan, peneliti menggunakan elemen-elemen komunikasi menurut DeVito : sumber-penerima, pesan, umpan balik, hambatan komunikasi, etika komunikasi, dan kompetensi komunikasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak penyandang ADHD lebih mudah menerima pesan verbal yang disertai dengan pesan nonverbal.


Keywords


Proses Komunikasi Interpersonal; Anak Penyandang ADHD

Full Text:

PDF

References


Delphie, B. (2009). Layanan Perilaku Anak Hiperaktif. Sleman : PT Intan Sejati Klanten

DeVito, J. A. (2007). Komunikasi Antar Manusia : Kuliah Dasar. Jakarta : Proffesional Books

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta : Kanisius

Kauffman, J. M. (1985). Characteristic Childrens Behaviour Disorder. Columbus :

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Liliweri, A. (1997). Komunikasi Antar Pribadi. PT. Citra Aditya Bakti

Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muhammad, A. (2004). Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara C. E. Merrill Pub. Co

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI