KOMUNIKASI INTERPESONAL ANTARA TERAPIS DENGAN ANAK PENYANDANG ADHD
(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendiskripsikan proses komunikasi interpersonal antara terapis dengan anak penyandang ADHD di sekolah khusus AGCA Center. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Dalam penelitian mengenai komunikasi interpersonal yang telah dilakukan, peneliti menggunakan elemen-elemen komunikasi menurut DeVito : sumber-penerima, pesan, umpan balik, hambatan komunikasi, etika komunikasi, dan kompetensi komunikasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak penyandang ADHD lebih mudah menerima pesan verbal yang disertai dengan pesan nonverbal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Delphie, B. (2009). Layanan Perilaku Anak Hiperaktif. Sleman : PT Intan Sejati Klanten
DeVito, J. A. (2007). Komunikasi Antar Manusia : Kuliah Dasar. Jakarta : Proffesional Books
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta : Kanisius
Kauffman, J. M. (1985). Characteristic Childrens Behaviour Disorder. Columbus :
Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Liliweri, A. (1997). Komunikasi Antar Pribadi. PT. Citra Aditya Bakti
Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Muhammad, A. (2004). Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara C. E. Merrill Pub. Co
Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI