PROSES KOMUNIKASI TERINTERMEDIASI DALAM PT. X TOUR

Welencia Hakim(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses komunikasi terintermediasi antara atasan dan bawahan dalam PT. X Tour. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus holistik tunggal Yin yang berfokus pada spesifikasi dan unsur dari suatu fenomena. Peneliti menggunakan teori Human Communication DeVito untuk menganalisis bagaimana komunikasi terintermediasi melalui media email dan melalui face to face. Temuan penelitian ini adalah proses komunikasi terintermediasi dalam PT. X ini dijalankan oleh KS sebagai staff operasionil, KS menyampaikan pesan dari DS (pemilik) kepada staff lainnya melalui komunikasi secara tatap muka, KS menyampaikan pesan DS sesuai dengan instruksi dari DS, tetapi KS sendiri merupakan individu sehingga sedikit banyak ia memberikan tambahan pesan secara non-verbal dan verbal dalam penyampaian pesan DS kepada staff lainnya.

Keywords


Human Communication; Intermediasi; Computer-Mediated Communications

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2001). Metodelogi penelitian sosial format-format kuantitatif dan kualitatif, Surabaya : Airlangga University Press.

Cangara, H. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daymond, C. & Holloway, I. (2008) Metode-metode riset kualitatif. Yogyakarta : PT Bentang Pustaka.

Galvin, K. & Terrell, J. (2000). Communication works! Communication applications in the workplace. Columbus, OH: Glencoe Press.

Gamble, T.K & Michael W. (2005). Interpersonal Communication in Theory, Practice, and Context. Boston: Allyn & Bacon.

Jhon, December. 1997. World Wide Web, Unleashed. Focal Press, London.

Konjin, E. (2008). Mediated Interpersonal Communication. New York : Routledge

Kriyantono, R. (2008). Public Relation Writing “Media Public Relation Membangun Citra Korporat”. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L.J. (2009). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Patilima, H. (2005). Kiat dan strategi kampanye public relations. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Prihatna, H. (2005). Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional. Jakarta: PT. Elex Media Komputerindo.

Smith, R.E. (2001). Principles of human communication (5th ed.). United States of America : Kendall/Hunt Publishing Company.

Suler, J.R. (2004). The psychology of text relationships.

http://users.rider.edu/~suler/psycyber/Emailrel.html#culture

Yin, R. K. (2006). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jurnal:

Howells, J. (2006). Research Policy 35, p.715–728

http://www.ausicom.com/filelib/PDF/ResearchLibrary/intermediaries%20innov.pdf

Scott, J. (2000). Journal of Computer Mediated Communication volume 5, issue 3, page 0.

Matthews, S (2011). A comparative of computer mediate communication and face to face communication.

http://www.academia.edu/1557680/A_comparative_discussion_of_computer_mediate_communication_and_face-to-face_interpersonal_communication

Walther, J. B. 1996. Computer-mediated Communication: impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interactions.

http://www.communicationcache.com/uploads/1/0/8/8/10887248/computer_mediated_communication_-_impersonal_interpersonal_and_hyperpersonal_interaction.pdf

Briggs, X. S. 2003. Working The Middle: Roles and Challanges of Intermediaries.

http://web.mit.edu/cpsproject/images/artsci_tool_intermedaries_web_0603.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI