EVALUASI SPECIAL EVENTS PERIODIK LENMARC MALL 2013

Dewi Erlina Syahlindra Rahmat(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil evaluasi dari pelaksanaan special events yang dilakukan secara berkesinambungan oleh Marketing Public Relations Lenmarc Mall. Special events merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan untuk memenuhi tujuan perusahaan yaitu meningkatkan jumlah pengunjung mall. Pada penelitian ini special events yang dievaluasi ada tiga yaitu ‘Doraemon Christmas and New Year Bazaar’, ‘Imlek Wayang Potehi’ dan ‘Zumba Bokwa Fitness Party’, periode Januari-Maret 2013. Dalam melakukan evaluasi, disini terdapat lima tahapan yang diteliti diantaranya riset, desain, perencanaan, koordinasi dan evaluasi. Lima tahap tersebut merupakan syarat dari suksesnya suatu special events.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggabungkan berbagai sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah setiap special events memiliki jangka waktu yang berbeda pada setiap tahapan, dan juga setiap special events memiliki kelemahan pada bagian riset dimana mempengaruhi tahapan selanjutnya dan juga bagian evaluasi yang berpengaruh pada kesuksesan special events berikutnya, tetapi secara keseluruhan special events yang diadakan sudah dapat memenuhi tujuan perusahaan.

Keywords


Marketing Public Relations; Special Events; Evaluasi Lenmarc Mall

Full Text:

PDF

References


Bowdin, G., et al. (2003). Events Management. Bodmin : Great Britain MPG Books Ltd.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Creswell. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design. Sage Publications, Inc.

Goldblatt, J., Dr., CSEP. (2002). Special Events (3rd ed.). USA: John Wiley& Sons Inc.

Gustafsson & Svenhed. (2008). “Perfect Creation For A Win-Win Situation four Case Studies Of Corporate Events”. Thesis from Jönköping International Business School.

“Marketeers”. (2012). Keep Calm and Let’s Go To Mall. Agustus.p:57-61.

Moeleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif (Rev.ed). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. (2002). Manajemen Humas dan Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi.Edisi Revisi. Cetakan ke-empat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Tuckwell, K. J. (2008). Integrated Marketing Communications: Strategic Planning Perspectives. New jersey : Pearson Prentice Hall.

Veronica, S. (2011). Evaluasi special events 'Roadshow with Magicians the Master Indonesia'. Thesis from Universitas Kristen Petra.

Yin, R. K. (2003). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI