Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Kim Soo Hyun pada Brand Y.O.U Beauty di Instagram

Lewellyn Ainsley Lauwy(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan brand ambassador Kim Soo Hyun pada brand Y.O.U Beauty di Instagram. Y.O.U Beauty merupakan brand produk kecantikan yang berasal dari Indonesia. Y.O.U Beauty merupakan brand yang cukup dikenali publik dan menggunakan Kim Soo Hyun sebagai brand ambassador untuk merepresentasikan produk-produk Y.O.U Beauty. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari seorang brand ambassador Kim Soo Hyun pada brand Y.O.U Beauty di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode online survey yang disebarkan kepada 100 responden dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kim Soo Hyun efektif sebagai brand ambassador Y.O.U Beauty yang diukur menggunakan nilai-nilai pada teori VisCAP (visibility, credibility, attraction, power). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator VisCAP yang paling efektif pada brand ambassador Kim Soo Hyun adalah nilai attraction dan indikator dengan nilai terendah adalah indikator credibility.

Keywords


efektivitas, brand ambassador, teori viscap, instagram, kecantikan.

References


Abidin, M. (2022). Urgensi komunikasi model stimulus organism response (s-o-r) dalam

meningkatkan kualitas pembelajaran. Nivedana: Jurnal Komunikasi dan Bahasa.

Afnan, D. (2020, April). Kegiatan marketing public relations dalam mempertahankan citra

perusahaan.

Annur, C. M. (2023, May 4). Jumlah pengguna Instagram Indonesia terbanyak ke-4 di dunia.

Databoks.

Ahman, N. F., & Haryanto, D. (2024). Strategi Marketing Public Relation PT. Kereta Api

Indonesia dalam Meningkatkan Pengguna KAIPay

Arya, I. (2023). Highest Paid K-Drama Actors in 2023.

Azzura. (2018). Y.O.U Cosmetics: Produk Kecantikan yang Paham Kebutuhan Perempuan.

Merdeka.com.

Buana. (2021). Persaingan dalam Industri Kecantikan Semakin Meningkat.

Chairina, R. R. L. (2023). Dampak gender pada pembelian produk perawatan wajah di negara

beriklim tropis. Maksipreneur: Jurnal Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(2).

Chua, D. (2023, January 31). Showbiz: Song Hye-Kyo, Kim Soo-Hyun are highest paid South

Korean stars. New Straits Times.

Deciptra, W. (Penyiar). (2024). Memahami Ragam Standar Kecantikan Wanita Indonesia. RRI.

Dimara, G. Y. (2018, November). Y.O.U, kosmetik lokal baru yang hadirkan makeup tahan lama.

Kumparanstyle.

Effendy, O.U. (2000). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Ekadiany, M. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser (Rachel Venya) Dan Citra Merek Terhadap

Minat Beli Pada Produk Scarlett Whitening. (Skripsi, Universitas Andalas Padang).

Gibson, (2013). Manajemen sumber daya manusia. (Rev. ed.) Erlangga

Hadi, F. (2019, November 15). Y.O.U perkenalkan Prilly Latuconsina sebagai brand ambassador.

WartaKotalive.com.

Kusnadi, D. (2021). Strategi Marketing Public Relations Holywings Dalam Mempertahankan

Kepercayaan Pengunjung Pada Masa Pandemi Covid-19. E-library unikom.

Kurniawan, F. J., & Kunto, Y. S. (2014). Analisa pengaruh visibility, credibility, attraction, dan

power celebrity endorser terhadap brand image bedak Marcks Venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-8.

Kampanye #YOUnitedInPink dari YOU Beauty edukasi kesadaran kanker payudara bagi

perempuan Indonesia. (2022, November). Kompas.

Lengkong, M. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR SONG

JOONG KI DALAM BRAND SCARLETT WHITENING DENGAN MODEL VISCAP. Jurnal E-Komunikasi.

Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications Ebook. Somerset, NJ,

USA: Wiley.

Nancy, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador

Laneige Dalam Model VisCAP. Jurnal E-Komunikasi.

Ohorella, N. (2022). Pengaruh akun Instagram @sumber_rancak terhadap minat berkunjung

followers ke suatu destinasi. Jurnal KomunikA.

Probosini, D. (2021). Pengaruh promosi, Brand ambassador terhadap keputusan pembelian

pengguna marketplace X dengan brand image sebagai variabel intervening. Jurnal Bisnis,

Purwaningsih, I., & Purworini, L. W. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan

Produk Kecantikan.Manajemen, dan Keuangan 2.2.

Rossiter, J. R., & Percy, L. (1985). Advertising Communication Models. NA-Advances in

Consumer Research. 12. 510–524. //

Sutanto, F. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK CELEBRITY ENDORSER TERHADAP

MINAT BELI PRODUK MISTER CHEESY. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing

Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Nancy, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas penggunaan brand ambassador

Laneige dalam model VISCAP. Jurnal E-komunikasi, 8(2).

Tobing, S. T. A. (2023). Efektivitas Brisia Jodie sebagai brand ambassador dalam

mengkampanyekan #generasikulitsehat pada followers Instagram N’Pure.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi dan aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu.

Jakarta: Airlangga.

Verlina, H. (2023). Pengaruh Lee Min Hoo sebagai Brand Ambassador Azarine Cosmetic

Terhadap Minat Beli Generasi Z.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI