Efektivitas Pesan Konten Instagram @lifeatpcu Pada Siswa SMA di Surabaya

Patricia Janice Susanto(1*), Astri Yogatama(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Wilbur Scharamm (1954) berpendapat bahwa efektivitas pesan dapat diukur dari hasil yang dicapai, yaitu apakah pesan tersebut dapat mencapai tujuannya atau tidak. Selain itu, Schramm juga menyebutkan bahwa efektivitas pesan dapat ditingkatkan dengan memperhatikan aspek- aspek seperti konteks, pengkodean, dan dekodeing. Dalam penelitian ini, pesan yang akan diteliti adalah pesan dari konten Instagram @lifeatpcu khususnya jenis konten reels. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pesan konten @lifeatpcu pada siswa SMA di Surabaya. Peneliti menggunakan metode pengukuran efektivitas model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Dengan metode pengukuran ini akan diketahui sampai tahap atau level mana reels di @lifeatpcu dalam menyampaikan pesan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten Instagram @lifeatpcu terutama reels efektif dalam menyampaikan pesan seputar PCU kepada siswa SMA di Surabaya. Perhitungan mean dari setiap indikator AIDA menunjukkan angka yang efektif yaitu berada pada rentang nilai 3,01 – 5,00.


Keywords


efektivitas pesan konten, Instagram, komunikasi pemasaran, Instagram reels, model AIDA

Full Text:

PDF

References


Catherine, A. (2020). Efektivitas pesan event di food society pakuwon mall Surabaya di media promosi Instagram. [Dissertation, Petra Christian University]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=48076

Bandura, A. (2001). Social cognitive theory: AN agentic perspective. Annual review of psychology, 52(1), 1-26.

Basu, Swastha dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Bhargava, R. (2012). Likeonomics. John Wiley & Sons, inc.

Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. PT Raja Grapindo Persada.

Busrah, M. (2012). Pembelajaran Deduktif pada Pembelajaran Alkana. Sulawesi Selatan:

Lembaga Penjaminanan Mutu Pendidikan (LPMP).

DataIndonesia.id. (2022). Indonesia memiliki 97,38 juta pengguna Instagram pada Oktover 2022.

https://dataindonesia.id/internet/detail/indonesia-miliki-9738-juta-pengguna-instagram-

pada-oktober-2022

Didit, personal communication, Maret 16, 2023

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilan belas. PT. Remaja

Rosdakarya.

I.F.Price,F. Matsdorf, L. Smith dan H. Agahi. (2003). The impact of facilites on studbent choice of

university., Facilities, 21(10),, pp. 212-222.

Instagram. (n.d.). https://www.instagram.com/lifeatpcu/

Kotlet & Keller. (2018). Manajemen pemasaran. p.172. Erlangga

Kriyanto, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Lelengboto, A.L.P. (2019). Universitas Dalam Perspektif Generasi Z. p 94. Cogito Smart Journal Library, P. (2021). Pedoman tata tulis tugas akhir mahasiswa uk petra 2021. Library Petra. Maharani, L.E.D. (2022). Efektivitas Penyampaian Pesan Akun Instagram @pandemictalks

Mengenai Varian Baru Virus Corona (Omicron) pada Followers (Undergraduate Thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar

menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 127–138.

https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106.

Mustajab, R. (2023, January 31). Indonesia Miliki 97,17 Juta Pengguna Instagram hingga Akhir

Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9717-juta-

pengguna-instagram-hingga-akhir-2022

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi.

Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/253.

Perdana, E.W.E. (2020). Efektivitas Pesan Sosial Media Instagram @glintsid sebagai Media

Informasi Mahasiswa (Undergraduate Thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta). Pratomo, Y. (2023, February 14). Orang Indonesia Internetan Lebih dari 7 Jam Sehari, Paling

Sering Buka WA dan IG. KOMPAS.com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/14020097/orang-indonesia-internetan-lebih- dari-7-jam-sehari-paling-sering-buka-wa-dan-ig

Pranata, Y and Ampri, A. (2017). Pengaruh pesan meme Pendidikan di media sosial instgram terhadap persepsi mahasiswa tentang perkuliahan (Penelitian Terhadap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh). Jurnal Ilmiah, 2(2), 95-107.

Rofiq, A. (2013). Pengaruh penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1).

Ruth, Fano, personal communication, Maret 16, 2023

Setiawan, E. (n.d.-b). Arti kata konten - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.

https://kbbi.web.id/konten

Singarimbun, M. (2006). Metode penelitian survei. LP3ES.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Alfabeta.

Soemanegara, R.D. (2006). Strategic marketing communication. Alfabeta.

Soputra, A.N. (2022). Efektivitas Pesan Kampanye #Feelthepower di Instagram Azarine Cosmetic

terhadap Followers Instagram Azarine Cosmetic. [Dissertation, Petra Christian

University]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=55749

Schram, W. (Ed.). (1954). The process and effects of mass communication. University of Illinois Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI