Efektivitas Pesan #RacunCiMon Terhadap Followers Instagram @monicamadea

Dichinta Metta Chan(1*), Ido Prijana Hadi(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Efektivitas dikatakan sebagai hasil atau efek yang hadir dari suatu proses komunikasi, yaitu sikap, tingkah laku, dan respon dari komunikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pesan #RacunCiMon terhadap followers Instagram @monicamadea. Penggunaan hashtag dalam pesan sendiri kini menjadi hal yang kerap dilakukan oleh influencer. Efektivitas yang dimaksud adalah apakah pesan #RacunCiMon berhasil dalam mempengaruhi aksi pengikutnya untuk meng- klik atau membuka tautan link yang disertakan dalam pesan tersebut. Efektivitas pesan diukur dengan metode AISDALSLove (Attention, Interest, Search, Desire, Action, Like/Dislike, Share, Love/Hate). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan membagikan online survey kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan #RacunCiMon efektif terhadap followers Instagram @monicamadea.


Keywords


efektivitas pesan, teori S-O-R, #RacunCiMon, Instagram, Monica Amadea

Full Text:

PDF

References


Fikriansyah, I. (2022, September 12). Mengenal apa itu ER dan cara meningkatkan engagement instagram. Detikfinance. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6287522/mengenal-apa-itu-er- dan-cara-meningkatkan-engagement-instagram.

Ioanid, A., Militaru, G., & Mihai, P. (2015). Social media strategies for organizations using influencers’ power. European Scientific Journal, 7881(August), 139–143.

Jiang, S., & Ngien, A. (2020). The effects of instagram use, social comparison, and self-esteem on social anxiety: a survey study in Singapore. Social Media and Society, 6(2), 205630512091248. https://doi.org/10.1177/2056305120912488.

Jun, S., & Yi, J. (2020). What makes followers loyal? the role of influencer interactivity in building influencer brand equity. Journal of Product & Brand Management, 29(6), 803–814. https://doi.org/10.1108/jpbm-02-2019-2280.

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi model laswell dan stimulus-organism-response dalam mewujudkan pembelajaran menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60-68.

Mely. (2022). Hasil survei mengungkapkan media sosial paling digemari di Indonesia. Gatra.com. https://www.gatra.com/news-548811-nasional-hasil-survei-mengungkapkan-media-sosial- paling-digemari-di-indonesia-.html.

Mulyana, D. (2016). Ilmu komunikasi: suatu pengantar (21st ed.). Remaja Rosdakarya.

Otaya, L. (2015). Skala pengukuran dalam penelitian. Skala Pengukuran Dalam Penelitian, 3(2),

–116.

Rahmawati, S. D. (2021). Pengaruh media sosial seorang influencer dalam meningkatkan penjualan melalui e-commerce. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 1(1), 281–294.

Rizaty, M. A. (2022). Indonesia miliki 97,38 juta pengguna instagram pada Oktober 2022.

DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9738-juta-pengguna- instagram-pada-oktober-2022.

Santos, H. C., Varnum, M. E. W., & Grossmann, I. (2017). Global increases in individualism. Psychological Science, 28(9), 1228–1239. https://doi.org/10.1177/0956797617700622.

Setyowati, D. (2018, July 14). 2018 Jadi musim panen influencer media sosial. Katadata. https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a55e46a3a2/2018-jadi-musim-panen- influencer- media-sosial.

Wijaya, B. S. (2012). The development of hierarchy of advertising. International Research Journal of Business Model. Effects Model in Studies, 5(1), 73–85. https://doi.org/10.21632/irjbs.5.1.98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI