Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian di Tiktok Shop

Josephine Josephine(1*), Gatut Priyowidodo(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantittif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian di Tiktok Shop. Tiktok Shop merupakan sebuah social commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia, dengan produk pakaian sebagai kategori pembelian terbanyaknya. Perilaku Konsumen merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang mengapa seseorang atau kelompok memilih, membeli, menggunakan atau membuang sebuah produk, jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan. Pengambilan Keputusan merupakan merupakan suatu proses yang dialami oleh calon pembeli hingga melakukan pembelian yang terdiri dari lima tahap, yaitu pemahaman adanya masalah, pencarian informasi, mengevaluasi alternatif yang ada, memilih produk, dan outcome. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahapan pemahaman masalah, yang dominan adalah voucher gratis ongkos kirim, pada tahap pencarian informasi didominasi oleh diskon yang muncul di hari besar, pada tahap evaluasi alternatif didominasi oleh flash sale, pada tahap pemilihan produk didominasi oleh diskon di hari besar, serta pada tahap outcome didominasi oleh voucher gratis ongkir. Dalam penlitian ini juga ditemukan proses integtrasi informasi, namun hanya sumber informasinya.


Keywords


Integrasi informasi, perilaku konsumen, pengambilan keputusan pembelian, Tiktok Shop, Social Commerce

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Kurniawan, F. (2018). Sistem Reputasi Penjual dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian di Platform C2C E-Commerce. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=803392&val=1 0745&title=Sistem%20Reputasi%20Penjual%20dalam%20Proses%20Peng ambilan%20Keputusan%20Pembelian%20di%20Platform%20C2C%20E- commerce.

Febriany, dkk. (2022). Formation of Consumer Impulsive Buying in MSMEs Through Online Shopping Activities. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/20271.

Indonesia, D. (2022). Laporan Survei Belanja Online 2022. Retrieved from https://dataindonesia.id/digital/detail/laporan-survei-belanja-online-2022.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication (9th ed.). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Rahadian, L. (2022). Tiga Kota Ini Alami Peningkatan Tren Belanja Daring. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220117110524-37- 307870/tiga-kota-ini-alami-peningkatan-tren-belanja-daring.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, K. Y. (2020). Perilaku Masyarakat Surabaya Dalam Proses Pengambilan Keputusan Memilih Produk Innisfree. Universitas Kristen Petra. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=48227.

Yusra, Y. (2022). Laporan populix: 86% Masyarakat Belanja Melalui Platform Media Sosial. Retrieved from https://dailysocial.id/post/laporan-populix-86- masyarakat-belanja-melalui-platform-media-sosial.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI