Efektivitas Komunikasi Pemasaran Brand Nvmee Melalui TikTok Live Stream

Patricia Breggita Arief(1*), Ido Prijana Hadi(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi membuat banyaknya media baru dan fitur-fitur baru yang digunakan sebagai platform dalam komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh brand. Penggunaan fitur TikTok live stream merupakan sebuah fenomena baru yang terjadi pada masa sekarang ini, banyak brand berbondong-bondong mengadopsi fitur Tiktok live stream ini sebagai media yang digunakan untuk melakukan komunikasi pemasaran. Brand Nvmee merupakan brand yang bergerak dibidang alat penata rambut, Nvmee sendiri juga menggunakan Fitur TikTok live stream secara maksimal dalam kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas komunikasi pemasaran brand Nvmee melalui TikTok live stream. Pengukuran efektivitas menggunakan metode AIDAS (Attention, Interest, Desire, Action dan Satisfaction). Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media TikTok live stream dikategorikan efektif sebagai media komunikasi pemasaran. Dari lima indikator, tahap satisfaction memiliki nilai mean yang tertinggi, yang berarti kepuasan responden paling tinggi dibanding indikator lainnya terhadap proses komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui TikTok live stream.


Keywords


efektivitas, komunikasi pemasaran, TikTok, live streaming, TikTok live streaming, Nvmee

Full Text:

PDF

References


Agustina, Lidya. "Live Video Streaming sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial." Diakom, vol. 1, no. 1, Sep. 2018.

Ahmadi, F., & Hudrasyah, H. (2022). FACTORS INFLUENCING PRODUCT PURCHASE INTENTION IN TIKTOK LIVE STREAMING SHOPPING. International Journal of Accounting, 7. https://doi.org/10.66673/IJAFB.074342

Asmajasari, Magdalena. 1997. Study Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran, Malang : UMM Press

Basuki, R. (2021, September 28). Generasi “Milenium” Dan Generasi “Kolonial.” https://www.djkn.kemenkeu.go.id/?from=menu.https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl- pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html

Broom, G. M., & Sha, B. (2008). Cutlip and Center’s Effective Public Relations. http://ci.nii.ac.jp/ncid/BB00208487

Cmcbinus. (2017). PUBLIC RELATION DALAM KEGIATAN PEMASARAN. BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik Di Malang. https://binus.ac.id/malang/2017/10/public-relation-dalam-kegiatan-pemasaran/

DIGITAL 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH. (2022, February 14). We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Gunelius, S. (2012). 30-Minute Social media marketing. New York: McGraw Hill. In the blink of an eye. (2014, January 16). MIT News | Massachusetts Institute of Technology. http://news.mit.edu/2014/in-the-blink-of-an-eye-0116.

Harris, T. L., & Whalen, P. T. (2017). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st Century (4th ed.). South-Western Educational Pub.

Indarto, A. T. (2106, September 29). PENGARUH CITRA MEREK PADA KESEDIAAN KONSUMEN UNTUK MEMBAYAR HARGA PREMIUM PRODUK STARBUCKS - E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. https://e-journal.uajy.ac.id/10425/

K. Catur and B. Wicaksono, “MENGUKUR EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA BAGI PERUSAHAAN,” no. 9, pp. 551–564, 2013

Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Kerpen, Dave. (2011). Likeable Social Media. USA:The McGraw Hill companies. Meyerson, Mitch. (2010). Success Secrets of The Social Media Marketing. USA:Eliot house production.

Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kyleloretan, K. (2023, January 26). The Changing World of Digital In 2023. We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2023/01/the-changing-world-of-digital-in-2023/

Negara, D. J. K., & Hidayat, D. (n.d.). Marketing Public Relations (MPR) dalam Edukasi kepada Masarakat. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jatim/baca-artikel/14561/Marketing- Public-Relations-MPR-dalam-Edukasi-kepada- Masarakat.html#:~:text=Marketing%20Public%20Relations%20(MPR)%20sebagai,kebutuhan %2C%20keinginan%2C%20perhatian%20dan%20kesan

Prihatmoko, S. (2022). DESAIN WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK KUE PADA UMKM “KISS” MENGGUNAKAN METODE AIDA+S. JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS, Vol.15, No.2.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Uceo. (2016, January 4). Strategi Persuasi disertai Contoh Persuasif. Entrepreneurship Centre

Universitas Ciputra. https://ucec.uc.ac.id/2016/01/04/2016-1-4-strategi-persuasi-disertai-

contoh-persuasif/

Wijaya, B. S. (2012). The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising. International

Research Journal of Business Studies, 5(1), 73–85. https://doi.org/10.21632/irjbs.5.1.73-85 Wongkitrungrueng, A., & Assarut, N. (2020). The role of live streaming in building consumer trust and engagement with social commerce sellers. Journal of Business Research, 117, 543–556.

https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.08.032


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI