Analisis Naratif Tentang Gambaran Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Drama Korea “The Glory”

Gabriela Cherise(1*), Gatut Priyowidodo(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisis naratif merupakan salah satu metode yang digunakan dalam melakukan analisis terhadap teks. Teori naratif Tzvetan Todorov merupakan salah satu dari empat jenis narasi, teori Todorov berpendapat bahwa setiap cerita selalu memiliki awal, tengah dan akhir yang digambarkan melalui struktur naratif Todorov. The Glory merupakan serial drama korea yang ditulis berdasarkan kisah nyata perundungan di Korea dan serial ini rilis pada Desember 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis naratif. Software Nvivo 14 digunakan sebagai alat bantu analisis naratif. The Glory mengangkat isu kekerasan terhadap perempuan yang dinarasikan mulai dari bagaimana kekerasan terjadi hingga dampak dari kekerasan tersebut. Dalam hasil penelitian ini ditemukan adanya narasi kekerasan drama The Glory tidak sesuai dengan teori yang ada. Jika dalam teori analisis naratif narasi dimulai dari keseimbangan awal - ketidakseimbangan (gangguan dan reparasi) - keseimbangan baru sedangkan yang peneliti temukan tidak sesuai. Narasi yang ada dalam serial drama The Glory dimulai dari ketidakseimbangan yaitu gangguan berupa kekerasan terhadap perempuan. Narasi gangguan ini muncul dalam bentuk kekerasan fisik dan kekerasan psikis, hal ini ditonjolkan melalui adegan antara pelaku kekerasan terhadap korban kekerasan.


Keywords


Struktur Narasi, The Glory, Kekerasan Terhadap Perempuan

Full Text:

PDF

References


Asfar, A.M. I. T. (2019). Analisis Naratif, Analisis Konten, dan Analisis Semiotik (Penelitian Kualitatif).

Askiyati, F. (2021). Studi Narasi Tzvetan Todorov dalam Film Tiga Srikandi.

Aulia, Y., & Pratiwi, M. R. 2020. Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film, 24. DOI:

46426/jp2kp.v24i1.118.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2018. Kekerasan Terhadap Perempuan

dan Anak. Provinsi Sulawesi Selatan.

Eriyanto. 2013. Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Prenada Media.

Harits, D. 2017. Bab II Tinjauan Pustaka 2.1 Film Sebagai Media Komunikasi Massa Komunikasi secara etimologis “communicato”.

Mohan, M. 2021. Satu dari tiga perempuan di dunia alami kekerasan fisik dan seksual, ungkap WHO. BBC. https://www.bbc.com/indonesia/dunia-56342562.

Pratiwi, M. R., & Aulia, Y. 2020. Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan.

Putri, I. P., Liany, F. D. p., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. Jurnal Universitas Padjadjaran.

Ramadhan, A. 2022. Laporan Kasus Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan Meningkat 3 Tahun Terakhir. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2022/01/20/12435801/laporan- kasus-kekerasan-terhadap-anak-dan-perempuan-meningkat-3-tahun.

Ridaryanthi, M. 2014. Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi Perilaku Konsumen Studi Terhadap Remaja. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 87 - 104.

Romadhon, F.N. 2018. Hallyu: Tren Budaya Populer Drama Korea. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan.

Setiawan, R. W. B. 2017. Bab II Tinjauan Pustaka A. Kekerasan Kekerasan berarti penganiayaan, penyiksaan, atau perlakuan salah.

Taum, Y.Y. 2018. The Problem of Equilibrium in the Panji Story: a Tzvetan Todorov’S Narratology Perspective. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 2(1), pp, 90–100. DOI: https://doi.org/10.24071/ijhs.v2i1.1583.

Theodorus, N. A. 2009. Representasi kekerasan terhadap perempuan dalam film "The Photograph". https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=11758.

Todorov, T., & Weinstein, A. 1969. Structural analysis of narrative. In NOVEL: A forum on fiction (Vol. 3, No. 1, pp. 70-76). Duke university press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI