Sikap Followers Instagram @goodlifebca Terhadap Pesan Kampanye BCA #awasmodus

Reinhart Evan Roebiyanto(1*), Astri Yogatama(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap followers instagram @goodlifebca terhadap pesan kampanye BCA dengan #awasmodus di akun instagram Bank BCA. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan instrumen kuesioner. skala pengukuran untuk kuesioner adalah menggunakan skala likert. populasi penelitian ini adalah followers instagram @goodlifebca pada bulan Maret 2023 adalah 618.000 followers. Sampel penelitian ini dihitung menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden yang diketahui merupakan 100 orang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan deskriptif kuantitatif. Hasi penelitian ini menjelaskan bahwa sebagian besar followers instagram @goodlifebca menyetakan setuju, menyukai, dan cenderung untuk mengikuti arahan dari pesan kampanye dari setiap bentuk pesan yang disampaikan melalui postingan gambar, tulisan, dan video. hasil penelitian ini juga menjelaskan hasil akhir dari indikator sikap adalah Positif dengan dimensi struktur pesan yang paling tinggi.


Keywords


Sikap, Pesan Kampanye, BCA, Instagram

Full Text:

PDF

References


Wijaya, M. K., Aritonang, A. I., & Tjahyana, L. J. (2022). Sikap Followers Instagram@

kopikenangan. id Terhadap Isi Pesan Postingan Mengenai Produk Sultan Boba. Jurnal e-

Komunikasi, 10(2).

Jamil, S. N. A. Penggunaan Teori SOR dalam Menganalisis Kerukunan Antar Umat Beragama

(Studi Kasus di Desa Pabuaran Kecamatan Gunungsindur Kabupaten Bogor) (Bachelor'sthesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Jakarta).

Romadhoni, A. R (2021). Pengatuh Konten Akun Instagram @bassfm Terhadap Sikap Para

Followers (Studi Pada Sikap Kognitif, Afektif, dan Konatif).

Swarjana, I. K., & SKM, M. (2022). Konsep pengetahuan, sikap, perilaku, persepsi, stres,

kecemasan, nyeri, dukungan sosial, kepatuhan, motivasi, kepuasan, pandemi covid-19, akses

layanan kesehatan–lengkap dengan konsep teori, cara mengukur variabel, dan contoh

kuesioner. Penerbit Andi.

Harijadi, I., Priyowidodo, G., & Yoanita, D. (2022). Sikap di Kalangan Perokok Dewasa di

Surabaya tentang Pesan Kampanye Akibat Merokok di Bungkus Rokok. Jurnal e-

Komunikasi, 10(2).

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi

deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2),

-278.

Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI