Brand Awareness Masyarakat Surabaya pada Pasta Gigi Click

Melanie Lijayanto(1*), Jandy Edipson Luik(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Click merupakan brand lokal yang berdiri sejak tahun 2022. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah click sudah melakukan sebuah komunikasi mengenai brandnya yang mencangkup empat brand elements, yaitu Brand Name, Logo & Symbol, Slogan dan Packaging dengan menggunakan media komunikasi Instagram maupun Tiktok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Brand Awareness Pasta Gigi Click pada Masyarakat Surabaya yang diukur dari kesadaran masyarakat Surabaya terhadap keempat Brand Elements yaitu Brand Name, Logo & Symbol, Slogan dan Packaging . Untuk penelitian ini memberikan hasil top of mind, dan pada tingkat tertinggi terdapat pada dimensi packaging yaitu 0,96. Dengan hasil tersebut maka bisa dikatakan bahwa packaging brand click kenal oleh masyarakat Surabaya dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan Brand Awareness Pasta Gigi Click pada Masyarakat Surabaya berada pada tingkat tertinggi, yaitu Top of Mind.


Keywords


Marketing Public Relations, Brand Awareness, Brand, Brand Elements dan Click

Full Text:

PDF

References


Amirudin, Purnomo, M. H., & Putri, K. A. (2019, Februari). Korean Wave dalam fanatisme dan konstruksi hidup generasi Z. Nusa, 14(1), 125-135.

Afriani, A. (2015, Maret). Strategi marketing communication. Wacana, 14(1), 87-109.

Abdillah, Fatimah. (2017). Efektivitas Marketing Public Relations dalam Membangun Citra Merck Perusahaan Jasa Telekomunikasi. Jurnal Ecodemica. 1(1), 2.

Anugerah Ayu S.(2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform- berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2020). Proyeksi penduduk Kota Surabaya. Retrieved 14 Maret 2023 dari https://surabayakota.bps.go.id/indicator/12/197/1/proyeksi-penduduk- kota-surabaya.html

Dimas Bayu. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022.

https://dataindonesia.id/digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan internet-di- indonesia-pada-2022. 14 Maret 2023

Fadhila, N.(2020). Instagram vs Tiktok. Yooreka. https://yooreka.id/levelup/instagram-vs-tiktok/ Fisamawati.(2022). Click Gandeng NCT 127, Luncurkan Inovasi K-Oral Care. Diakses dari

https://www.marketing.co.id/click-gandeng-nct-127-luncurkan-inovasi-k-oral-care/

Fajar P. (2020). APJII: pengguna internet RI 196,7 juta orang atau 73,7 persen penduduk. https://bisnis.tempo.co/read/1403969/apjii-pengguna-internet-ri-1967-juta-orang-atau- 737-persen-penduduk.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Prentice Hall.

Keller, K.L. (2013). Strategic Brand Management: building, measuring, and managing, Brand Equity(4thed). Pearson Education Limited.

Kementerian Kesehatan RI. Riset kesehatan dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2019. [cited 2023 Juli 2]. Available from: URL: https://www.kemkes.go.id/article/view/20030900005/situasi-kesehatan-gigi-dan-mulut- 2019.html.

Rovilla Amalia & Sri Hartini. (2022). Perilaku belanja online konsumen selama pandemi Covid-19 di Jawa Timur, Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 1-10. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2632639&val=14415&title= Perilaku%20Belanja%20Online%20Konsumen%20Selama%20Pandemi%20Covid- 19%20di%20Jawa%20Timur%20Indonesia.

Wahid, U., & Eka P. A. (2007). Upaya peningkatkan brand awareness PT Gojek Indonesia melalui aktivitas marketing public relations. Komunikasi, Vol. 9(1), 31–43. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.265.

Walid. (2018). Penggunaan instagram sebagai social media marketing dalam membangun brand awareness PlatBM1912 di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/19234.

Wiradinata, M. M. (2016). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya terhadap Brand Baru Restoran The Consulate. Jurnal E-Komunikasi. (Unpublished doctoral dissertation) 5(1). Universitas Kristen Petra Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI