Tingkat Brand Awareness Masyarakat Samarinda Pengguna Instagram Terhadap Brand Klinik Kecantikan Zap Samarinda

Jovan Ferdian Liederman(1*), Jandy Edipson Luik(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Zap hingga saat ini aktif dalam mengkomunikasikan brand mereka melalui instagram, namun tidak hanya Zap, ada beberapa brand besar yang juga ada di Samarinda juga aktif dalam mengkomunikasikan brand melalui Instagram seperti Natasha Skincare dan Aira Clicnic .Zap merupakan salah satu klinik kecantikan yang sudah ada sejak 2009. Saat ini Zap sudah membuka cabangnya dimana-mana dan salah satunya ada di kota Samarinda yang baru buka pada akhir tahun 2022. Zap mengkomunikasikan brand nya melalui empat brand element, yaitu brand names, logo dan symbol, slogan dan packaging. Zap menggunakan strategi Marketing Public Relations untuk dapat mengkomunikasikan brandnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat tingkat brand awareness masyarakat Samarinda pengguna instagram terhadap brand klinik kecantikan Zap Samarinda yang dilihat melalui keempat brand elements. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan skala Guttman dan menggunakan metode survey online. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang dengan metode random purposive. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran masyarakat Samarinda pengguna Instagram terhadap klinik kecantikan Zap sudah pada tingkat brand recall.


Keywords


brand awareness, pengguna instagram, masyarakat samarinda, zap

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama

Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada.Ruliana, V & Ganggi, R. (2019). Pengaruh program wajib kunjungan "Kupu-Kupu Malam"dalam peningkatan minat baca belajar pelajar SMP di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen. Jurnal |mu Perpustakan, 6, 1-10. Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Kelly, K., & Grant, I. (2009). New Media : a critical introduction (Second Edition.). New York,: Routledge.

Siahaan, Herlina Debby & Yuliati, Ai Lili. 2016. Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria’s Secret (Studi Pada Konsumen Victoria’s Secret di PVJ Bandung). ISSN : 2355-9357. e- Proceeding of Management : Vol.3, No.1. Pp. 497- 505.

Nastain, M. (2017, April) Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Tantangan Eksistensi Produk). Channel, 5. (1) (2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI