Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Lionel Messi Dalam Produk AICE Pada Generasi Y dan Z kota Jawa Barat

Andrew Christian(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


AICE merupakan perusahaan yang memiliki tagline “HAVE AN AICE DAY” yang berasal dari Singapura. AICE sebagai brand yang berhasil menjadi merek pilihan dalam FIFA WORLD CUP 2022 silam. Sebagai brand yang cukup ternama, AICE memiliki tujuan yaitu menjadi merek yang populer. Usaha untuk mencapai tujuan itu adalah dengan menggunakan Brand Ambassador terkenal dari pemain sepak bola yaitu Lionel Messi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari seorang Brand Ambassador Lionel Messi dalam AICE. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengumpulkan data melalui kuesioner lalu disebar kepada 100 orang responden dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan Brand Ambassador Lionel Messi dalam Brand AICE terbukti efektif dengan melihat indikator pada model VisCAP. Penelitian ini membuktikan bahwa indikator yang paling efektif pada Lionel Messi adalah nilai Attraction


Full Text:

PDF

References


Aice. (2022). Gandeng Lionel Messi, AICE hadirkan es krim kaum milenial. Aice.Co.Id. https://www.aice.co.id/gandeng-lionel-messi-aice-hadirkan-es-krim-kaum-milenial

Akbar, R. J. (2022). Riset: 42% Lebih rumah tangga di Indonesia beli es krim Ini. Viva.Co.Id. https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1514810-riset-42-lebih-rumah-tangga-di- indonesia- beli-es-krim-ini-pada-2021?page=all

Anderson, M., & Ekman, P. (2016). Ambassador networks and place branding. Journal of Place Management and Development, 2(1).

Rizal, J. G. (2021). Mengenal apa Itu generasi baby boomers, X, Y, Z, millenials, dan alpha. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/26/170000565/mengenal- apa- itu-generasi-baby- boomers-x-y-z-millenials-dan-alpha?page=all

Rossiter, J. R., & Smidts, A. (2001). Presenter effects in advertising: the Viscap model. E - European Advances in Consumer Research, 5.

Ruslan, R. (2010). Manajemen public relation & media komunikasi. PT Rajagrafindo Persada.

Sadya, S. (2023). Penjualan es krim di Indonesia capai US$425 Juta pada 2021. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/penjualan-es-krim-di-indonesia- capai- us425- juta-pada-2021

Jayani, D. H. (2020). Proporsi populasi generasi Z dan milenial terbesar di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi- populasi-generasi-z- dan- milenial-terbesar-di-indonesia

Lengkong, M. A., Priyowidodo, G., & Tjahyana, L. J. (2022). Efektivitas penggunaan brand ambassador Song Joong Ki dalam brand Scarlett Whitening dengan model VisCAP. Jurnal E-Komunikasi, 10(2), 2–10.

Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Andi.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Tarifu, L. (2023). Komunikasi Pertanian Konsep Penyampaian Pesan Dan Penyuluhan. CV Literasi Nusantara Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI