Proses Konstruksi Konten Product Knowledge Pada Instagram Brand Lokal Byou Indonesia oleh Content Creator

Patricia Bella(1*), Jandy Edipson Luik(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep kontruksi pesan diteliti sebab hal yang menarik dengan tagline “First Local Brand to Launch Acne Essence with LHA Complex!” melalui berbagai konten yang disajikan secara fisik dengan visual kemudian secara psikologi berdampak pada emosi follower untuk tersedukasi bahwa penting kandungan Acne Essence with LHA Complex pada skincare dan secara psikologi dapat menimbulkan fantasi pada pengikut bahwa skincare local memiliki kandungan yang baik. Hal ini merupakan tantangan dalam berkomunikasi bagi content creator dalam membuat sebuah konten pesan mengenai brand local skincare terkait konstruksi pesan tersebut agar tag line tersebut sampai dengan baik dan mudah dipahami oleh followers. Konten atau postingan harus berisi gambar produk yang menarik sekaligus menampilkan kata-kata yang dengan cepat mudah dipahami khalayak umum. Konten atau postingan harus menampilkan ciri khas yang dimiliki produk harus berbeda dengan produk competitor lain. Selain itu tantangan sebagai komunikator brand local harus menyiapkan perencanaan yang matang terkait konsep yang digunakan, alur komunikasi, visual produk dan isi pesan yang disampaikan sesuai kebutuhan yang harus ada yang sangat penting untuk diperhatikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian memperlihatkan proses konstruksi konten product knowledge pada Instagram brand lokal Byouindonesia oleh content creator diawali dengan proses penentuan fungsi pesan, struktur pesan kemudian isi dari pesan dalam konten tersebut. Hasil wawawancara dengan keseluruhan content creator ByouIndonesia dijelaskan bahwa pada penentuan fungsi pesan, tema yang dibawakan pada postingan itu merupakan kegiatan perawatan diri yang berkualitas. Ada pun pesan yang dititik beratkan pada kalimat itu adalah ajakan senantiasa merawat diri yang berkualitas.


Keywords


Konstruksi Pesan, Product Knowledge, Instagram

Full Text:

PDF

References


Adjei, M. T., Noble, S. M., & Noble, C. H. (2010). The influence of C2C communications in online brand communities on customer purchase behavior. Journal of the Academy of Marketing Science, 38(5), 634–653

Aydin, Gokhan. (2019). Social media engagement and organic post effectiveness: A roadmap for increasing the effectiveness of social media use in hospitality industry. Journal of Hospitality Marketing & Management, 10(1), 1-22.

Baldus, B. J., Voorhees, C., & Calantone, R. (2015). Online brand community engagement: Scale development and validation. Journal of Business Research, 68(5), 978–985

Bungin. (2016). Konstruksi sosial media massa. Jakarta: Kencana

Busalim, Abdelsalam., Ab Razak, C, H & Noorminshah, L. (2019). Factors influencing customer

engagement in social commerce websites: a systematic literature review. Journal of

Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 14(2), 1-14.

Cantallops & Salvi. (2014). New consumer behavior: a review of research on e WOM and hotels.

Int J Hosp Manage 36, 41-51.

Chen, J. (2018). 15 Facebook stats every marketer should know for 2019. Retrieved from

https://sproutsocial. com/insights/facebook-stats-formarketers/

Chukwu, Godswill Chinedu & Pius, Enize Eso. (2021). Brand ambassador and consumer purchase

decision in rivers state. Middle European Scientific Bulletin, 1(2),2694-9970.

Deborah J. Maclnnis, Christine Moorman, & Bernard J. Jaworski. (1991). Enhancing and Measuring Consumers' Motivation, Opportunity, and Ability to Process Brand Information from Ads.

Journal of Marketing, Vol. 55, No. 4 (Oct., 1991), pp. 32-53

Effendy, O. U. (1992). Ilmu komunikasi: teori dan praktik. Bandung: PT. RemajaRosdakarya. Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya

Fu, P.W., Wu, C.C., & Cho, Y.J. (2017). What makes users share content on Facebook?

Compatibility among psychological incentive, social capital focus, and content type.

Computers in Human Behavior, 6(7), 23-32.

Ginting. (2021, January 29). Theiconomics.com. Retrieved Januari 6, 2023, from :

https://www.theiconomics.com/accelerated-growth/wardah-industri-kecantikan-halal-

dan-inovasi-di-masa-pandemi/

Grundy, M., & Moxon, R. (2013). The effectiveness of airline crisis management on brand

protection: a case study of british airways. Journal of Air Transport Management, 1(1), 55-

Herman, L., Vervaeck, B. (2005). Handbook of narrative analysis. USA: University of Nebraska

Press

Indonesia Finance Today. (2018, August 30). Kemenperin. Retrieved April 6, 2022, from

Kemenperin Web ste: http://kemenperin.go.id.

Kesign & Rajendran. (2018). Consumer engagement: the role of social currency in online reviews.

The Services Industries Journal, 1(1), 1-29.

Lister et al. (2003). New Media: a critical introduction. Routledge.

Marcinda. (2022). Retrieved March 8, 2023: https://journal.sociolla.com/beauty/rekomendasi-

rangkaian-produk-skin-care-untuk-kulit-berjerawat.

Nastisin., Richard., Vladimir., Radovan & Martin. (2019). Quantitative study of selected Facebook

marketing communication engagement factors in the optics of different post types.

Innovative Marketing, 15(3), 16-24.

Prawito. (2007). Penelitian Komunkasi Kualitatif. PT Lukis Pelangi Aksara.

Rahardjo. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Malang.

Ramadhani. (2021, August 23). Compas.co.id. Retrieved Januari 6, 2023, from :

https://compas.co.id/article/serum-somethinc- terlaris/#:~:text=Data%20Penjualan%20Produk%20Somethinc%20Agustus%202021%20 di%20Shopee&text=Persentase%20yang%20dimiliki%20mencapai%2059,penjualan%20 sebesar%20Rp10%2C75%20miliar

Royan, Frans. (2004). Marketing Celebrities. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.Saleh. (2014). Konstruksi Pesan Penegakan Hukum Di Indonesia Dalam Film “Java Heat”. Jurnal E-Komunikasi Vol 3. No.1.

Sobur, A. (2001). Analisis teks media: suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik, dan analisis framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Trudeau, S. H., & Shobeiri, S. (2016). Does social currency matter in creation of enhanced brand experience? Journal of Product & Brand Management, 25(1), 98–114

Yoshida, Masayuki., et al. (2014). Conceptualization and measurement of fan engagement: empirical evidence from a professional sport context. Journal of Sport Management, 2(8), 399-417.

Yunus, Ulani. (2014). Konstruksi Pesan Politik Di Televisi Komersial Menjelang Pemilihan Umum 2014: studi kasus iklan partai hanura, pan, dan gerindra. humaniora Vol.5 No.2 Oktober 2014: 1213-1221


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI