Sikap Pengguna Shopee Di Surabaya Terhadap Informasi Di Media Sosial Tentang Shopee PayLater

Priscilla Louise(1*), Jandy Edipson Luik(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap pengguna Shopee di Surabaya terhadap informasi berupa review di media sosial tentang Shopee PayLater. Sikap terdiri dari tiga komponen yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Peneliti memilih responden pengguna Shopee yang berdomisili di Surabaya dengan rentan usia 18-34 tahun, mengetahui fitur Shopee PayLater, dan pernah melihat informasi berupa review di media sosial tentang Shopee PayLater. Peneliti menggunakan metode survey (kuesioner online) dalam mengumpulkan data dan menyebarkan kepada 100 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap pengguna Shopee di Surabaya terhadap informasi berupa review di media sosial tentang Shopee PayLater untuk komponen kognitif, afektif, dan konatif berada pada kategori positif. Setelah di rata-rata secara keseluruhan, pengguna Shopee di Surabaya memunculkan sikap positif secara keseluruhan terhadap informasi berupa review di media sosial tentang Shopee PayLater.


Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2021). No Title Banyak Fitur Paylater, Gimana Menurut Pakar? Retrieved May 30, 2023, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220517180250-72-339618/banyak-fitur-paylat er-gimana-menurut-pakar

Annur, C. M. (2021). Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa? Retrieved May 30, 2023, from Katadata Media Network website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-i ndonesia-mayoritas-usia-berapa

Annur, C. M. (2022). Shopee PayLater Layanan Paylater Paling Banyak Digunakan pada 2021. Retrieved May 30, 2023, from Katadata Media Network website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/12/Shopee-paylater-layanan-paylater-pal ing-banyak-digunakan-pada-2021

Azwar, S. (2011). Sikap dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2013). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhan, F. A. (2022). Transaksi Paylater Tokopedia Melejit, tapi Shopee Pemimpinnya. Retrieved May 30, 2023, from Katadata Media Network website: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61de796484c55/transaksi-paylater-tokopedia-mel ejit-tapi-shopee-pemimpinnya

CNN Indonesia. (2022). TikTok-Instagram Makin Jadi Sumber Berita Meski Kurang Dipercaya. Retrieved May 30, 2023, from CNN Indonesia website: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220722170944-185-824965/tiktok-instagram-m akin-jadi-sumber-berita-meski-kurang-dipercaya

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Jefkins, F. (2003). Public Relations (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kasmi, & Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk

Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal AKTUAL, 15(2),

https://doi.org/10.47232/aktual.v15i2.27

Mahdi, M. I. (2021). 8 Paylater dengan Pengguna Terbanyak, Siapa Memimpin? Retrieved May

, 2023, from Katadata Media Network website: https://dataindonesia.id/digital/detail/8-paylater-dengan-pengguna-terbanyak-siapa-memimpi n

Prastya, D. (2022). Riset: Penggunaan PayLater di Indonesia Naik 38 Persen di 2022. Retrieved May 30, 2023, from Suara.com website:https://www.suara.com/tekno/2022/09/21/211239/riset-penggunaan-paylater-di-indonesia-na

ik-38-persen-di-2022

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Silalahi, U. (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI