Efektivitas ITZY Sebagai Brand Ambassador Dalam Kampanye Dont Stop Your Move Susu Ultra Milk Menurut Followers Instagram Ultra Milk

Vincentius Reynardo Chandra(1*), Daniel Budiana(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Ultra Milk merupakan merek susu yang diproduksi oleh perusahaan PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company TBK (ULTJ). Setiap perusahaan pasti ingin meningkatkan penjualan produknya, maka dari itu Ultra Milk membuat strategi komunikasi pemasaran dengan menggandeng salah satu girl-group asal Korea Selatan yaitu ITZY sebagai Brand Ambassador. Ultra Milk membuat kampanye pemasaran yaitu DontStopYourMove, dengan penggunaan kampanye ini membutuhkan pemahaman konsumen terhadap Brand Ambassador yang dipilih oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas ITZY sebagai Brand Ambassador dalam kampanye DontStopYourMove Susu Ultra Milk Menurut followers Instagram Ultra Milk. Penelitian ini menggunakan survei online yang disebarkan pada 100 responden yang menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah ITZY sebagai Brand Ambassador yang digunakan oleh brand Ultra Milk yaitu efektif dimana diukur dengan metode VisCAP. Indikator VisCAP pada IZTY sebagai brand Brand Ambassador Ultra Milk yang paling tinggi efektivitas nya adalah indikator Visibility dan juga Attraction di angka 4.37. Pada keseluruhan indikator VisCAP pada Brand Ambassador Ultra Milk memiliki nilai rata-rata sebesar 4.32 hal ini dapat dikatakan bahwa ITZY sebagai Brand Ambassador susu Ultra Milk dalam kampanye DontStopYourMove terbukti efektif.


Keywords


Efektivitas, Brand Ambassador, Komunikasi Pemasaran , teori VisCAP

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2023). Frisian Flag hingga Ultra, Ini Merek Susu UHT yang Banyak Dikonsumsi Masyarakat Indonesia. retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/17/frisian-flag-hingga-ultra-ini-merek- susu-uht-yang-banyak-dikonsumsi-masyarakat-indonesia.

BBC. (2017). Kapankah tepatnya masa muda berakhir?. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/vert-cap-41308766

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Tim Qiara Media(Ed.). Qiara Media. Frans M, Royan. (2004). Marketing Selebrities "Selebriti Dalam Iklan dan Strategi Selebriti

Memasarkan Diri Sendiri", Media komputindo, Jakarta

Iskandar. (2022). Instagram Minta Verifikasi Usia Lewat Selfie untuk Batasi Pengguna di Bawah Umur. retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/5005161/instagram-minta- verifikasi-usia-lewat-selfie-untuk-batasi-pengguna-di-bawah-umur.

Kotler, P. & Armstrong, g. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 1. Erlangga .

Kotler & Keller. (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Terjemahan (Molan Benyamin). Indonesia: PT. Indeks.

Keller, K. L. (2009). Building Strong Brands in a Modern Marketing Communications Environment. Journal of Marketing Communications 2009-jul vol.15 iss. 2-3.Routledge

My Milk. (2022). Dukung Generasi Penuh Percaya Diri, Ultra Milk Gandeng Girlband ITZY jadi Brand Ambassador. retrieved from https:// mymilk.com/milkeveryday/news-events/dukung- generasi-penuh-percaya-diri-ultra-milk-gandeng-girlband-itzy-jadi-brand-ambassador.

Rossiter, J. R., & Percy, L. (1985). Advertising Communication Models. NA- Advances in Consumer Research. 12. 510-524. //www.acrwebsite.org/volumes/6443/volumes/v12/ NA-12

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.

Shimp, T. A. (2010). Advertising, Promotion, & other Aspects of intergrated Marketing Communications: 8th edition. South-Western: Cengage Learning.

Shimp, T. A. (2013). Advertising, Promotion, & Other Aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning.

Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Till, B. D. & Shimp, T. A. (1998). Endorsers in Advertising: The Case of Negative Celebrity Information, Journal of Advertising, Vol. 27 No. 1,pp. 67-82.

Lea-Greenwood. G. (2012). Fashion Marketing Communications. John Wiley & Sons, Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI