Analisis Isi Electronic Word of Mouth pada Posting Instagram @skintific.id

Clara Marsheila Maweikere(1*), Fanny Lesmana(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Marketing communications memiliki peran bagi perusahaan untuk memberikan informasi, melakukan persuasi, dan juga mengingatkan public secara langsung maupun tidak langsung mengenai sebuah produk yang dimiliki. Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah melalui media sosial, terutama Instagram. Word of Mouth menjadi salah satu cara untuk menyebarkan informasi secara langsung. Di era sekarang internet telah marak digunakan sehingga, Word of Mouth telah berkembang menjadi Electronic Word of Mouth. Skintific merupakan produk skincare yang baru memasuki pasaran Indonesia. Dari sisi marketing communication, produk ini dapat dijadikan penelitian karena unsur kebaruan tersebut.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui electronic word of mouth yang terdapat pada posting Instagram @skintific.id. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode analisis isi dengan komentar pada posting @skintific.id yang menjadi objeknya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 8 dimensi electronic word of mouth pada posting Instagram @skintific.id, dengan 2 dimensi yang dominan, yaitu positive self enhancement dan advice seeking, lalu 2 dimensi terendah terdapat di social benefits dan economic incentive.


Full Text:

PDF

References


Agustin, C. A., & Hellianto, G. R. (2020). Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare di Shopee. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 39-52.

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1-14.

APJII, (2022). Profil internet Indonesia. Online survey.

Apriani, A., Paramita, S., & Salman, D. (2022, April). Marketing Communication Strategy for Beauty Products on Instagram in the Covid-19 Pandemic. In 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021) (pp. 1272- 1277). Atlantis Press.

Ardelia, I., & Sukendro, G. G. (2019). Komunikasi Interaktif Nikon Ambassador Dalam Mempertahankan Citra Merek (Studi Kasus Akun Media Sosial Instagram @Sukiminthio). Prologia, 3(2), 365-372.

Christianto, E. (2019). Analisis isi Electronic word of mouth pada posting Instagram @aogmsyouth. (Undergraduate thesis, Petra Christian University, 2019).

Company, A. (2018). Perbandingan Tingkat Engagement Antara Post Foto Dan Video Instagram. 4, 182–194.

Hamidun, M. A. (2018). Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image (studi pada followers akun instagram@ ouvalresearch) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).dan Bisnis UNIKA Soegijpranata (Doctoral dissertation, UNIKA Soegijapranata Semarang).

Hasna, S., & Irwansyah, I. (2019). Electronic Word of Mouth Sebagai Strategi Public Relation Di Era Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 18.

Hayyi, A. (2019). Pengaruh Politik Organisasi Masyarakat Amphibi dalam Memenangkan Pasangan Calon Ahyar-Mori pada Pemilihan Kepala Daerah NTB 2018. Universitas Muhammadiyah Mataram, 8(5), 55.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141.

Hussain, S., Song, X., & Niu, B. (2020). Consumers’ Motivational Involvement in eWOM for Information Adoption: The Mediating Role of Organizational Motives. Frontiers in Psychology, 10(January). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.03055

Ikhsania, A. A. (2020). Skincare adalah asupan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Online article. Retrieved from: https://www.sehatq.com/artikel/arti-skincare-serta-manfaat-dan macam-macamnya-sudah-tahu

Khanafi, Y. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Instinct Footwear (Studi Pada Konsumen Instinct Footwear Kota Samarinda). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(2), 138. https://doi.org/10.54144/jadbis.v9i2.5398

Larassaty, L. (2020). Yuk kenalan dengan 5 rangkaian skincare Skintific untuk atasi berbagai masalah kulit!. Online article. Retrieved from: https://journal.sociolla.com/beauty/rangkaian- skin-careskintific?page=2

Laurencia, L., & Wahjudi, S. (2019). Analisis Isi Pada Program Desta and Gina in the Morning Pada Radio Prambors Jakarta. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1), 43–67. https://doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1789

Mardiyanto, D., & Giarti, G. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 60–66. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.470

Mulyanto, R. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Yang Mengikuti Akun Kuliner Di Media Sosial Instagram (Studi di Fakultas Ekonomi

Noviyanti, M., Puspita, N., & Firmansyah, R. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWom) di Instagram terhadap Destination Image di Farmhouse Susu Lembang, Bandung. Journal of Tourism Destination and Attraction, 6(2), 30-43.

Rachmawati, F. (2022). Public Relations & Impression Management. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 9-18.

Ruru, G.P. (2018). Analisis isi Electronic word of mouth pada posting Instagram @garuda.indonesia. (Undergraduate thesis, Petra Christian University, 2018).

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak. com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96- 106.

Shafira Nafsa, & Wahyuni, I. I. (2022). Electronic Word Of Mouth Brand Lokal Clothing Dengan Hashtag #Jakcloth Pada Media Sosial Instagram. Medium, 10(2), 54–66. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(2).10181

Sondyarini, S., & Idris. (2021). Pengaruh Source Expertise Source Trustworthiness dan Repurchase Intention EWOM Credibility sebagai Variebal Intervening (Studi pada Konsumen Produk KOsmetik MUstika Ratu Dengan Puteri Indonesia Sebagai Brand Ambassador). Diponegoro Journal Of Management, 10(3), 1–12.

Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 73-90.

Sutianti, L. (2022). Wajib tahu! 5 merk skincare terbaik di Indonesia. Online Article. Retrieved from: https://compas.co.id/article/merk-skincare-terbaik-di-indonesia/

Tania, C., & Laksono, V. B. (2022). Strategi Pesan Persuasif di Media Sosial Instagram @somethincofficial. Avant Garde, 10(1), 30. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1800

Wahid, R. M. (2021). Perbandingan Interaksi Konten Pada Instagram Feed Dan Cerita Instagram: Optimasi Pemasaran Media Sosial Untuk Bisnis. In Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12).

Wardani, N. K., & Daniar, A. (2021). Pengaruh Digital Marketing Instagram Pada Keputusan Membeli Produk Skincare Saat Pandemi.

Zinko, R., Patrick, A., Furner, C. P., Gaines, S., Kim, M. D., Negri, M., Orellana, E., Torres, S., & Villarreal, C. (2021). Responding to negative electronic word of mouth to improve purchase intention. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(6), 1945–1959. https://doi.org/10.3390/jtaer16060109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI