Motif dan Kepuasan Pembaca Rubrik Catatan Harian Dahlan Iskan di Website Disway.id

Matthew Chandra Gregorious Palit(1*), Gatut Priyowidodo(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan pembaca rubrik catatan harian Dahlan Iskan di website disway.id. Disway.id merupakan website milik Dahlan Iskan yang berdiri sejak tahun 2020. Salah satu rubrik khas Disway adalah rubrik catatan harian Dahlan Iskan. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu dunia maya, pelampiasan sosial dan emosional, pengetahuan informasi dan lingkungan sekitar, serta menghabiskan waktu dan kebiasaan. Metode dalam penelitian ini adalah online survey dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji-t berpasangan, uji deskriptif serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah indikator pelampiasan sosial dan emosional. Melalui kesenjangan GS dan GO, secara keseluruhan diketahui bahwa rubrik catatan harian Dahlan Iskan di website Disway.id dapat memuaskan pembaca.


Keywords


motif, kepuasan, website, Disway, Dahlan Iskan

Full Text:

PDF

References


Blumler, J. G., & Katz, E. (1974). The Uses of Mass Communications: Current Perspectives on Gratifications Research (Vol. 3). SAGE Publications.

Ferguson, D. A., & Perse, E. M. (2000). The World Wide Web as a Functional Alternative to Television. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 44(2), 155-174. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1207/s15506878jobem4402_1

Kemp, S. (2022, February 15). Digital 2022: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (1st ed., Vol. 3). Kencana.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Moleong, L. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.

Palmgreen, P., & Rayburn,J.D. (1982). GRATIFICATIONS SOUGHT AND MEDIA EXPOSURE An Expectancy Value Model. Journal Communication Research, 9(4). https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/009365082009004004

Romli, A. S. M. (2020). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2nd ed.). Nuansa Cendikia .

Silalahi, G. A. (2017). Metodologi Penelitian Sosial Kuantitatif. Refika Aditama. Sukendar, M., U. (2017). Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktek. CV Budi Utama. Umar, H. (2002). Metode Riset Komunikasi Organisasi. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wiryanto. (2000). Teori Komunikasi Massa. Garsindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI