Representasi Feminisme dalam Film “Mrs. Harris Goes to Paris”

Aurelia Deva Anjani(1*), Fanny Lesmana(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Media massa dan masalah keperempuanan adalah dua hal yang sulit dipisahkan dan akan selalu menarik untuk dibahas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi feminisme dalam film “Mrs. Harris Goes to Paris”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode semiotika milik John Fiske dengan menggunakan tiga level kode televisi yaitu level representasi, level realitas, dan level ideologi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori film, feminisme, representasi, dan semiotika John Fiske. Temuan data dalam penelitian ini menunjukkan adanya representasi gerakan feminisme liberal serta ideologi liberalisme. Hal tersebut bisa dilihat dan dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu perempuan di bidang pekerjaan, objektifikasi tubuh perempuan, perempuan sebagai pemimpin, dan perempuan memiliki hak untuk menunjukkan eksistensinya.


Keywords


representasi, feminisme, semiotika john fiske, mrs. harris goes to paris.

Full Text:

PDF

References


Alfathoni, M. A. M. & Manesah, D. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=_G4PEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&d q=teori+film&ots=eHSVBVnkur&sig=1BGH9G96DWalbGmnHT6vbUHgkX8&redir_es c= y#v=onepage&q=teori%20film&f=false.

Diani, A., Lestari, M. T., et al. (2017). Representasi Feminisme dalam Film Maleficent. ProTVF 1(2), 139-150. Retrieved from http://journal.unpad.ac.id/protvf/article/view/19873/9070.

Kristalia, M. I. (2009). Representasi Feminisme dalam Film “The Devil Wears Prada”. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=11680.

Nurhidayah, D. (2017). Representasi Makna Pesan Sosial dalam Film Bulan Terbelah Dilangit

Amerika. Jurnal Online Kinesik, 4(1), 139-152. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/144252/representasi-makna-pesan-sosial- dalam-film-bulan-terbelah-di-langit-amerika.

Puspita, D. and Nurhayati, I. (2018). Analisis Semiotika John Fiske mengenai Realitas Bias Gender pada Iklan Kisah Ramadhan Line Versi Adzan Ayah. Jurnal Kajian Televisi dan Film, 2(2), 157-171. Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/20820/9707.

Wahyuningsih, S. (2019). Film & Dakwah: Memahami Representasi Pesan-pesan Dakwah dalam Film melalui Analisis Semiotik. Media Sahabat Cendekia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=UbKeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR49 &dq=fungsi+film&ots=Vv8ZAMIBwf&sig=y1w- tcWHU6GybiCtex3XjAW5n6U&redir_esc=y#v=onepage&q=fungsi%20film&f=false.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI