Sikap Followers Instagram @mpmhondajatim Tentang Publikasi Terkait Produk New Honda CBR250RR 2022 di @mpmhondajatim

Verdi Yuliangga Chandra(1*), Gatut Priyowidodo(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana sikap followers Instagram @mpmhondajatim tentang publikasi terkait produk New Honda CBR250RR 2022 di @mpmhondajatim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan instrumen survei online. Skala pengukuran yang digunakan merupakan skala likert. Populasi penelitian ini merupakan followers Instagram @mpmhondajatim yang per 12 Januari 2023 berjumlah 111.000 followers. Penghitungan sampel penelitian dilakukan menggunakan rumus Slovin berjumlah 100 sampel. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mayoritas followers akun Instagram @mpmhondajatim menyatakan mengetahui, menyukai, dan cenderung mencari informasi lebih dalam tentang produk New Honda CBR250RR 2022 ke sumber lain yang tertaut di pesan unggahan baik dalam bentuk gambar, video, maupun tulisan (caption). Hasil penelitian juga menunjukkan 79,05% responden menunjukkan sikap positif terhadap berbagai pesan yang disampaikan oleh MPM Honda Jatim melalui akun Instagram @mpmhondajatim.


Keywords


sikap, isi pesan, Instagram mpm honda jatim

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, V., Novchi, R. W., & Hanafi, K. (2020). Sikap Followers Remaja Pekanbaru Terhadap Akun Instagram @Awkarin. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 177-182.

Azwar, S. (2000). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Babiuk, C. (2015). Fundamentals of Public Relations and Marketing Communications in Canada. Canada: The University of Alberta Press. Retrieved August 8, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Fundamentals_of_Public_Relations_and_Mar/4S rqCQAAQBAJ?hl=en&gbpv=1

Didin Hadi Saputra, D. U., Romindo, Romindo, Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Indonesia: Yayasan Kita Menulis. Retrieved February 15, 2023, from https://books.google.co.id/books?id=usbSDwAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover &dq=digital+marketing&hl=en&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=digital %20marketing&f=false

Elyasa, M. R. (2019, August 30). Mengapa hampir semua orang bilang motor sport fairing itu Ninja? Retrieved February 15, 2023, from Quora: https://id.quora.com/Mengapa-hampir- semua-orang-bilang-motor-sport-fairing-itu-Ninja/log

Fikri, I., & Arangga, A. (2021, August 19). Banyak yang Belum Tahu Asal Mula Nama Ninja pada Motor Kawasaki, Ada Campur Tangan Aktor Tom Cruise. Retrieved February 15, 2023, from Gridmotor.id: https://gridmotor.motorplus-online.com/read/292845546/banyak- yang-belum-tahu-asal-mula-nama-ninja-pada-motor-kawasaki-ada-campur-tangan-aktor- tom-cruise?page=all

Fill, C., & Turnbull, S. (2019). Marketing Communications. Harlow: Pearson Education Limited. Retrieved March 15, 2023, from

https://www.google.co.id/books/edition/Marketing_Communications/6oyfDwAAQBAJ?h l=en&gbpv=1

Harappa. (2020, November 4). The S-O-R Model. Retrieved December 10, 2021, from Harappa: https://harappa.education/harappa-diaries/what-is-sor-model/

Irvan. (2019, September 8). Kenapa Setiap Motor Full Fairing Sering Disebut Ninja? Retrieved February 15, 2023, from Satu Piston: https://www.satupiston.com/2019/09/kenapa-setiap- motor-full-fairing-sering.html?m=1

Kemp, S. (2022, February 15). DIGITAL 2022: INDONESIA. Retrieved February 15, 2023, from DataReportal – Global Digital Insights: https://datareportal.com/reports/digital-2022- indonesia

Khotimah, N. K. (2022). Analekta Komunikasi. Sukabumi: Haura Publishing. Retrieved May 31, 2023, from

https://www.google.co.id/books/edition/Analekta_Komunikasi/eShkEAAAQBAJ?hl=en &gbpv=1

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana. Retrieved January 15, 2023, from

https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_Serba_Ada_Serba_Makna/MBZND wAAQBAJ?hl=en&gbpv=1Marlina, Arvianti, E. Y., Mitrin, A., Rambe, E., Muliana, H., Yuliana, . . . Desiana. (2022). Buku Ajar Ilmu Komunikasi. CV. Feniks Muda Sejahtera. Retrieved January 15, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR_ILMU_KOMUNIKASI/ZGJlEA AAQBAJ?hl=en&gbpv=1

Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, . . . Beribe, M. F. (2021). Teori Perilaku Konsumen. (A. Jibril, Ed.) Pekalongan: NEM. Retrieved July 1, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Teori_Perilaku_Konsumen/Oa1eEAAAQBAJ?hl =en&gbpv=1

Pratama, D. A. (2018, February 26). Motor Fairing Sering Disebut Ninja, Padahal Jenis Fairing Motor Ada Banyak Lho! Retrieved February 15, 2023, from GridOto.com: https://www.gridoto.com/amp/read/221016320/motor-fairing-sering-disebut-ninja- padahal-jenis-fairing-motor-ada-banyak-lho

Raharja, E. (2022, October 22). New Honda CBR250RR Ternyata Ramah untuk Lady Bikers. Retrieved July 1, 2023, from Medcom.id: https://www.medcom.id/otomotif/motor/4KZPAywb-new-honda-cbr250rr-ternyata- ramah-untuk-lady-bikers

Rajendra, R. (2022, September 20). New CBR250RR, Honda Pasang Target Penjualan 2.500 Unit per Tahun. Retrieved February 15, 2023, from Otomotif Bisnis.com: https://otomotif.bisnis.com/read/20220920/273/1579175/new-cbr250rr-honda-pasang- target-penjualan-2500-unit-per-tahun

Rizaty, M. A. (2022, January 10). Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. Retrieved February 15, 2023, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia- bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021

Schuster, O. (2019). Entrepreneurs' Acceptance of Digital Marketing-Communication Technologies. Kassel: Kassel University Press. Retrieved March 15, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Entrepreneurs_Acceptance_of_Digital_Mark/JZ GhDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1

Top Brand. (2022). Top Brand Index. Retrieved January 15, 2023, from Top Brand Award: https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2022&tbi_index=top- brand&category=otomotif&type=brand&tbi_find=Honda

Wahyudi, D. (2021, January 5). Honda BeAT Motor yang Paling Banyak Diomongin Orang Indonesia Tahun 2020. Retrieved February 15, 2023, from Detikoto: https://oto.detik.com/motor/d-5321219/honda-beat-motor-yang-paling-banyak- diomongin-orang-indonesia-tahun-2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI