Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Mengenai Brand Loan Market Indonesia

Veronica Winata(1*), Gatut Priyowidodo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Loan Market Indonesia adalah perusahaan agen jasa keuangan pertama di Indonesia. Maka dari itu, peneliti memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian mengenai tingkat brand awareness brand Loan Market Indonesia. Loan Market Indonesia mengkomunikasikan layanannya dengan memanfaatkan website, media sosial, word of mouth (WOM), telemarketing, dan flyer/brosur. Hal yang dikomunikasikan oleh perusahaan adalah terkait empat elemen brand, antara lain nama brand, website/URL, logo dan simbol, serta slogan. Penelitian kali ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat brand awareness masyarakat Surabaya mengenai brand Loan Market Indonesia, yakni dengan mengukur kesadaran masyarakat mengenai empat elemen brand yang telah disebutkan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode online survey. Adapun pengumpulan data untuk kepentingan penelitian ini dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini pada akhirnya memunculkan hasil bahwa tingkat brand awareness masyarakat Surabaya mengenai brand Loan Market Indonesia terdapat pada tingkat brand awareness kedua, yakni brand recall.


Keywords


Loan Market Indonesia, brand awareness, elemen brand, brand

Full Text:

PDF

References


Bakrie, M. (2022, January 17). 3 Jenis Font Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Slide Presentasi Anda. https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2022/01/17/3-jenis-font-yang-perlu-anda- ketahui-untuk-membuat-slide-presentasi-anda/

Banjarnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., Gandasari, D., Purba, S., Muliana, Ashoer, M., Tjiptadi, D. D., Hendra, Simarmata, H. M. P., Berlien, R., & Hasyim. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran (A. Karim, Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Dreambox. (n.d.). Psikologi Warna Untuk Branding dan Bisnis. Dreambox.Id. https://www.dreambox.id/blog/branding-strategi/psikologi-warna-branding- bisnis/#biru

Latief, R. (2018). Word of Mouth Communication: Penjualan Produk. Media Sahabat Cendekia.

Lukison, B. L. P. (2021). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Elemen Brand Somethinc [Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=49169

Martin, B., & Stephens, E. (2020). Strategic Brand Management. ED-Tech Press. Maulana, R. A., & Wulandari, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial

Instagram Sebagai Media Promosi Terhadap Tingkat Brand Awareness Pada Omg Event Asia Bandung Tahun 2020. EProceedings of Applied Science, 6(2), 1313–1319. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscien ce/article/view/12130/11937

Michelle. (2021). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Kollabora [Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=49168

Mustofa. (2019). Peran Hastag (#) Dalam Social Media Sebagai Upaya Branding Pustakawan. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 19–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i1.4970

Permadi, G., & Heriyanto, M. (2016). Pengukuran Tingkat Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosia dan Ilmu Politik Universitas Riau). JOM FISIP, 3(2). https://www.neliti.com/publications/206610/pengukuran-tingkat-kesadaran- merek-brand-awareness-pada-motor-honda-studi-kasus#cite

Santoso, F. R. (2016). Efektivitas Marketing Communications CD Album di KFC Royal Plaza Surabaya [Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=35364

Sudarso, A., Kurniullah, A. Z., Halim, F., Purba, P. B., Dewi, I. K., Simarmata, H. M. P., Purba, B., Sipayung, R., Sudirman, A., & Manullang, S. O. (2020). Manajemen Merek: Brand Management. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). ALFABETA.

Susanto, & Sari, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Jam Tangan Matoa Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1). http://jurnal.utu.ac.id/jsource/article/view/1540

Tysara, L. (2023, May 26). 5 Jenis Font Keren dan Fungsinya Secara Psikologis, Digunakan Merek Terkenal. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/5294411/5-jenis-font-keren-dan- fungsinya-secara-psikologis-digunakan-merek-terkenal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI