Motif dan kepuasan subscribers menonton channel VTuber Kobo Kanaeru

Chrishellia Mega Wibisono(1*), Agusly Irawan Aritonang(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang motif dan kepuasan subscribers menonton channel VTuber Kobo Kanaeru. Channel Kobo Kanaeru merupakan channel VTuber berbahasa Indonesia dengan jumlah subscribers yang paling besar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan indikator motif dan pemenuhan motif oleh Zhang Yue (2008) yang merupakan turunan dari teori Uses Gratification dengan expectancy value milik Palmgreen (1985). Adapun indikator yang dikemukakan Zhang Yue (2008) meliputi; hiburan dan relaksasi, interaksi sosial, suplemen, pertemanan, menghabiskan waktu, dan mencari informasi.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei daring dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji T berpasangan, dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif dan pemenuhan motif tertinggi subscribers menonton channel Kobo Kanaeru adalah untuk mendapatkan hiburan dan relaksasi. Sedangkan motif dan pemenuhan motif terendah adalah pada dua indikator yaitu interaksi sosial dan mencari informasi. Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah H1 dengan jabaran “terdapat kesenjangan antara motif dan kepuasan yang didapat menonton channel Kobo Kanaeru” dengan kesenjangan yang bersifat positif. Seluruh indikator menunjukkan subscribers mendapatkan kepuasan dari menonton channel Kobo Kanaeru.


Keywords


Vtuber, uses and gratification, YouTube, Kobo Kanaeru

Full Text:

PDF

References


Camilleri, M.A & Fallzon, L. (2022). Understanding motivations to use online streaming services: Integrating the technology acceptance model and the uses and gratification theory. Retrieved from researchgate.net/publication/ 345814451_Understanding_motivations_to_use_online_streaming_service s_Integrating_the_technology_acceptance_model_TAM_and_the_uses_ and_gratifications_theory_UGTDavey, F. (2019). The ‘virtual YouTuber’ phenomenon in Japan. (Thesis). University of Oxford. Retrieved from https://www.researchgate.net/ publication/353659490_The_'Virtual_YouTuber'_Phenomenon_in_Japan

Hanson, G. & Haridakis. P. (2008). YouTube users watching and sharing news: A uses and gratification approach. Journal of electronic publishings, vol 11.,

Kriyantono, R. (2008). Teknik praktis riset komunikasi. (p. 59). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yue, Zhang. (2008). Gratifications-sought, audience activities and the displacement effect of YouTube. School of Journalism and Communication; The Chinese University of Hong Kong. Retrieved from https://pg.com.cuhk.edu.hk/pgp_nm/projects/2009/Sylvia%20 Zhang.pdf

Zillman, D. & Vorderer, P. (2000). Media entertainment: the psychology of it’s appeal. Retrieved from https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/ 9781410604811/media-entertainment-dolf-zillmann-peter-vorderer


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI