Resepsi Penonton Pasangan Suami Istri Terhadap Pesan Komitmen Pernikahan dalam Video Musik ‘Only You’ Sidney Mohede

Thomas Lesmono(1*), Ido Prijana Hadi(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena perceraian semenjak pandemi hingga saat ini terus meningkat. Hal ini menyebabkan Sidney Mohede menuliskan lagu yang berjudul ‘Only You’ yang menceritakan tentang komitmen pernikahan sebagai bentuk komunikasi melalui media Video Musik. Penerimaan seseorang terutama pasangan suami istri yang telah menikah terhadap video musik ini menjadi daya tarik dari penelitian ini. Dalam penelitian ini akan dilihat lebih dalam bagaimana pasangan suami istri menerima pesan terkait komitmen pernikahan dan segala pertengkaran di dalamnya dalam kondisi mereka masing-masing dengan menggunakan metode Reception Analysis (Analisis Resepsi) dengan pola stuart hall.

Hasil dari penelitian ini adalah penerimaan pasangan suami istri terhadap video musik ‘Only You’ yaitu cenderung negosiasi. Pasangan suami istri dapat memahami dan setuju dengan sebagian besar dari yang disampaikan oleh video musik baik dari visual dan liriknya. Yang di setujui oleh pasangan suami istri adalah pesan terkait komitmen pernikahan, pertengkaran rumah tangga, dan value yang tersirat di dalam video music Only You. Namun ada beberapa bagian yang menurut pasangan tidak menggambarkan kenyataan yang dihadapi oleh pasangan seperti adegan dan lirik yang dianggap terlalu berlebihan. Sehingga ada bagian-bagian adegan yang merupakan bagian dari karya seni tak bisa dianggap benar oleh pasangan. Hal ini lah yang membuat penerimaan pasangan terhadap video music Only You ini memiliki kecenderungan negosiasi.


Keywords


Analisis Resepsi, Pasangan Suami Istri, Video Musik, Only You, Komitmen Pernikahan, Pesan Komitmen Pernikahan

Full Text:

PDF

References


Allgood, S. M., Harris, S., Skogrand, L., & Lee, T. R. (2009). Marital commitment and

religiosity in a religiously homogenous population. In Marriage and Family Review (Vol. 45, Issue 1, pp. 52–67).

https://doi.org/10.1080/01494920802537472

Book, ·. (2020). McQuail’s Media and Mass Communication Theory.

https://www.researchgate.net/publication/341371977

Burke, C. (1996). Marriage: Commitment or Experiment? The Linacre Quarterly, 63(4),

–52. https://doi.org/10.1080/20508549.1999.11878365

Hadi, I. P. (2009). PENELITIAN KHALAYAK DALAM PERSPEKTIF RECEPTION

ANALYSIS.

Hadi, I.P. (2011). Pengguna Media Interaktif Sebagai Kenyataan Maya: Studi Resepsi

Khalayak Suarasurabaya.net Sebagai Media Interaktif

Imran, H. A. (2013). Media Massa, Khalayak Media, The Audience Theory, Efek Isi Media

dan Fenomena Diskursif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 47.

https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160103

Ruler, B. (2018). Communication Theory. In The International Encyclopedia of Strategic

Communication (pp. 1–7). Wiley.

https://doi.org/10.1002/9781119010722.iesc0087

Santoso, M. (2022). The Concept of Classic-Romantic as One Entity in Western Music

History. 12(2), 30–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI