Analisis Resepsi Khalayak Remaja terhadap Konten Self Love pada Akun Instagram @Joviadhiguna
Keywords:
Earnings management, income tax, firm size, leverageAbstract
Memiliki kepercayaan diri yang rendah merupakan fenomena yang kerap ditemui pada masa tumbuh kembang remaja. Berbagai motivasi dan inspirasi dalam mencintai diri sendiri kerap ditemui di media sosial, salah satunya Instagram. Adapun seorang influencer yang mengunggah konten Instagramnya dengan mengandung pesan self love, yaitu Jovi Adhiguna. Dalam memaknai sebuah pesan, setiap khalayak memiliki resepsi yang berbeda-beda dikarenakan latar belakang yang berbeda-beda juga.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam akan penerimaan khalayak remaja dalam memaknai konten self love pada akun Instagram @Joviadhiguna yang menggunakan metode analisis resepsi, serta analisis data yang menggunakan Nvivo 14. Penelitian ini mendapatkan hasil temuan data bahwa terdapat tiga klasifikasi penerimaan yaitu dominan, negosiasi, dan oposisi. Adapun klasifikasi penerimaan setiap khalayak dibedakan oleh tanggapan mereka dalam memaknai setiap konten yang dilatarbelakangi oleh masing-masing frame of references dan field of experiences.
References
Androgini. (n.d). In Badan pengembangan dan pembinaan bahasa: KBBI daring. https://kbbi.k mdikbud.go.id/entri/modernisasi
Children’s Mental Health Week. (2021). Express yourself: Secondary-age activities. http://www .stjosephs.uk.net/wp-content/uploads/2021/02/Express-Yourself-Secondary-Group -Activities-1-1.pdf
Espalter, D. (2021, Sep 22). How is fashion a form of self-care. Brainz. https://www.brainzmaga zine.com/post/how-is-fashion-a-form-of-self-care
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi .org/10.29210/02017182
Hall, S. (1973). Encoding and decoding in the television discourse. CCCS Stencilled Occasional Papers, 2, 386-398. http://epapers.bham.ac.uk/2962/
Jensen, K.B. (Ed.). (2020). A handbook of media and communication research: Qualitative and quantitative methodologies (3rd ed.). Routledge.
Kiat menjadi diri sendiri ala Jovi Adhiguna. (2018, August 2). VICE. Retrieved February 10, 2023, from https://www.vice.com/id/article/xwkvek/kiat-menjadi-diri-sendiri-ala-jovi- adhiguna
Mutiwasekwa, S.-L. (2019, November 12). Self-love. Psychology Today. https://www.psycholog ytoday.com/intl/blog/the-upside-things/201911/self-love
Nasrullah, R. (2018). Riset khalayak digital: Perspektif khalayak media dan realitas virtual di media sosial. Jurnal Sosioteknologi, 17(2). https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.9
Wilson, R. E., Jr. (2023, March 9). Self-confidence vs, self-esteem. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-main-ingredient/202303/self-confidence -vs-self-esteem
Zakiah, R. (2022, March 7). Analisis resepsi Stuart Hall: Pengertian dan posisi pemaknaan. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/07/060000069/analisis -resepsi-stuart-hall--pengertian-dan-posisi-pemaknaan?page=all