Strategi Komunikasi Kepemimpinan dalam Memotivasi Generasi Z untuk menjadi CG Leader pada Army of God (AOG) Gereja Mawar Sharon Surabaya
Keywords:
Earnings management, income tax, firm size, leverageAbstract
Gereja Mawar Sharon (GMS) merupakan gereja sel yang dibangun atas dasar kelompok kecil dan menempatkan kelompok kecilnya sebagai pusat pelayanan, pemuridan, dan penggembalaan. GMS menggembalakan salah satunya adalah anak-anak muda yang disebut Army of God (AOG). Seiring dengan pertambahan jemaat & pemimpin Connect Group (CG Leader) yang signifikan, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi komunikasi kepemimpinan dalam memotivasi generasi Z untuk menjadi CG Leader (CGL) pada Army of God (AOG) Gereja Mawar Sharon Surabaya.
Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan disertai observasi terhadap keseharian CG AOG GMS Surabaya. Peneliti mewawancarai 2 informan dan 2 triangulator. Strategi komunikasi kepemimpinan dalam memotivasi generasi Z untuk menjadi CGL pada AOG GMS Surabaya dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Pre-Coaching, Coaching, dan Post-Coaching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Coach yang dilakukan untuk memotivasi generasi Z adalah dengan komunikasi persuasi informal yang dilakukan untuk lebih mengutamakan kedekatan & keterbukaan. Media komunikasi yang digunakan menyesuaikan dengan orang yang dicoaching, yaitu sebagian besar menggunakan aplikasi pesan digital dan tatap muka. Komunikasi yang dilakukan juga rutin dan tidak ada ruang untuk tidak berkomunikasi.
References
Bungin, Burhan. (2015). Penelitian Kualitatif: Edisi Kedua. Jakarta : PT Adhitya Andrebina Agung.
Connect Group Core Team Gereja Mawar Sharon. (2020). Connect Group Training 1. Surabaya : CV Pustaka Rajawali.
Connect Group Core Team Gereja Mawar Sharon. (2020). Connect Group Training 2. Surabaya : CV Pustaka Rajawali.
Connect Group Core Team Gereja Mawar Sharon. (2020). Connect Group Training 3. Surabaya : CV Pustaka Rajawali.
Effendy, Onong Uchjana. (2005). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
GMS Church. (n.d.). Tentang Kami. https://gms.church/
Kartono, Kartini. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Morissan (2015). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. (2015). Jakarta : Prenadamedia
Group.