Efektivitas Pesan Iklan Varian Orgsm HMNS Perfumery Pada Followers Akun Instagram @hmns.id

Abela Ruse(1*), Ido Prijana Hadi(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


HMNS atau “Humans” merupakan sebuah brand parfum lokal Indonesia yang muncul sejak pertengahan tahun 2019. HMNS memiliki sosial media yang aktif digunakan yaitu Instagram sebagai media mempromosikan iklannya. Salah satu koleksi parfum dengan penjualan terbaik dari HMNS adalah varian Orgsm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pesan iklan varian Orgsm HMNS Perfumery pada followers Akun Instagram @hmns.id. Dalam penelitian ini, efektivitas pesan iklan diukur dengan menggunakan metode Customer Response Index (CRI). Metode CRI berfungsi untuk mengukur respon yang dimulai melalui tahapan awareness, comprehend, interest, intention, hingga action. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah non-probability sampling dan purposive sampling. Survei online dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan iklan varian Orgsm efektif dengan hasil akhir perkalian CRI sebesar 87%.


Keywords


pesan iklan, efektivitas, media sosial, customer response index (CRI).

Full Text:

PDF

References


Andreas Kaplan & Michael HaenLein. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.

Best, R. J (2013). Market-based Management. New Jersey: Pearson.

Harris, T.L ., & Whalen, P. T. (2006). The marketer’s guide to public relations in the 21st century.

Thomson Higher Education.

Shimp, T.A. (2010). Advertising, Promotion, & other Aspects of Integrated Marketing

Communications: 8th edition. South-Western: Cengage Learning.

Tjiptono, Fandy. (2005). Brand Management and Strategy. Yogyakarta: Andi

Wells, Burnett, & Moriarty. (2000). Advertising: Principles and practice hall international.

Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI