Efektivitas Stephanie Poetri Sebagai Celebrity Endorser BASE “Gloss & Go Lip Tint” Terhadap Followers Instagram @itsmybase

Alycia Elaine Deyna Setiawan(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Celebrity endorser merupakan salah satu upaya marketing public relations untuk menyampaikan informasi dan meningkatkan visibilitas produk atau merek. Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas Stephanie Poetri sebagai celebrity endorser BASE “Gloss & Go Lip Tint” terhadap followers Instagram @itsmybase menggunakan indikator terbaru efektivitas celebrity endorser yaitu PATER model oleh Dr. Ruchi Gupta, Prof. Nawal Kishor, dan Prof. DPS Verma (2017) yang terdiri dari Popularity, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, dan Relevance. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui Google Form. Kemudian, sampling dilakukan menggunakan purposive sampling. Responden penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan perempuan berusia 18-52 tahun, followers Instagram @itsmybase, dan mengetahui Stephanie Poetri sebagai celebrity endorser BASE “Gloss & Go Lip Tint”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terlepas dari profilnya sebagai musisi tanpa latar belakang di bidang kecantikan, Stephanie Poetri sebagai celebrity endorser BASE “Gloss & Go Lip Tint” dinyatakan efektif, dengan attractiveness atau daya tarik fisik sebagai indikator paling signifikan.


Keywords


celebrity endorser, efektivitas, PATER, stephanie poetri, base gloss & go lip tint

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2022). Ini produk yang bikin orang teringat pada idol K-pop. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-produk-yang-bikin-orang- teringat-pada-idol-k-pop

Aysegul, Ozlem Catli, & Sezer Korkmaz. (2014). Examining the effect of endorser credibility on the consumers buying intentions: An empirical study in Turkey. Journal, 4(1), 66–77. https://dergipark.org.tr/en/pub/irmm/issue/32079/355045?publisher=http-www-cag-edu-tr- ilhan-ozturk

Effendy, O.U. (2015). Ilmu, komunikasi teori dan praktek komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti. Giannini, G. T. (2010). Marketing public relations: A marketer’s approach to public relations and

social media. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=P0Z7QgAACAAJ

Gupta, R., Kishor, N., & Verma, D. (2017). Construction and validation of a five-dimensional celebrity endorsement scale: Introducing the PATER model. British Journal of Marketing Studies, 5(4), 15-35. www.eajournals.org

Hutapea, N. R. P. P. (2020). Efektivitas penggunaan Marsha Aruan sebagai celebrity endorser Lip Ink SASC. [Thesis, Petra Christian University]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=47663

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Pearson Education.

McCracken, G. (1989). Who is the celebrity endorser? Cultural foundations of the endorsement process. Journal of Consumer Research, 16(3), 310–321. https://academic.oup.com/jcr/article-abstract/16/3/310/1818800

Mukherjee, D. (2009). Impact of celebrity endorsement on brand image. Social Science Research Network Electronic Paper Collection. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.1444814

Nadya, N. (2022, December 18). Sambut tahun baru, Stephanie Poetri dan BASE ajak perempuan kurangi insecure dan tambah percaya diri. Fimela.com. https://www.fimela.com/beauty/read/5157002/

Nelson, O. (2017). Celebrity endorsement influence on brand credibility: A critical review of previous studies. Online Journal of Communication and Media Technologies, 7(1), 15-32. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ojcmt/2577

Ohanian, R. (1990). Construction and validation of a scale to measure celebrity endorser’s perceived expertise, trustworthiness, and attractiveness. Journal of Advertising, 19(3), 39-52. https://doi.org/10.1080/00913367.1990.10673191

Revina, B. (2022, December 22). Kampanyekan “Get Social” Stephanie Poetri dipilih menjadi wajah baru BASE. HighEnd Magazine Okezone. https://highend- magazine.okezone.com/read/kampanyekan-get-social-stephanie-poetri-dipilih-menjadi- wajah-baru-base-Sr7q78

Robertson, M. (2018). Instagram marketing: How to grow your instagram page and gain millions of followers quickly with step-by-step social media marketing strategies. Zen Mastery. https://books.google.co.id/books?id=yA9bDwAAQBAJ

Rukajat, A. (2018).Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Deepublish.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer behavior (10th ed.). NJ Pearson Education, Inc.

Setiawan, T. P. (2012). Survei online penunjang penelitian praktis dan akademis. Semantik. http://eprints.dinus.ac.id/66/1/INFRM_18_- 085_SURVEI_ONLINE_PENUNJANG_PENELITIAN_PRAKTIS_DAN_AKADEMIS.pdf

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

The changing world of digital in 2023. (2023). https://wearesocial.com/us/blog/2023/01/the- changing-world-of-digital-in-2023/

Veerasatien, N., & Intravisit, A. (2022). Influences of celebrity endorsement on Thai male consumers’ attitudes and purchase intention of male cosmetics: The case of Lee Dong Wook in Boy de CHANEL. AU Virtual International Conference, 3(1), 249-265. http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/icesde/article/view/6931

Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public Relations: Strategies and tactics (11th ed.). Pearson Education.

Yasir. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau. ZAP Beauty Index. (2023). https://zapclinic.com/zapbeautyindex


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI