Efektivitas Iklan Produk Kecantikan Kolaborasi Jacquelle dengan Spy x Family pada Media Sosial Instagram @jacquelle_official
Keywords:
Marketing Public Relations, Instagram, Jamu Iboe, Millennial, Customer Response Index (CRI).Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas iklan produk kecantikan kolaborasi Jacquelle dengan Spy x Family pada media sosial Instagram @jacquelle_official. Media sosial Instagram menjadi salah satu bentuk komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan informasi produk, menjangkau konsumen, dan menjaga hubungan baik dengan para pengikut. Efektivitas iklan diukur menggunakan metode pengukuran customer response index (CRI) dari Best (2012). Metode ini mengukur respon dari follower Instagram @jacquelle_official dari tahapan awareness, comprehend, interest, intention, dan action. Dalam penelitian ini efektivitas didukung dan dianalisa dengan teori S-O-R dan teori komunikasi lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 102 responden. Hasil penelitian ini bahwa iklan produk kecantikan kolaborasi Jacquelle dengan Spy x Family pada media sosial Instagram efektif yaitu pada hasil perkalian dengan metode pengukuran CRI yakni awareness 98,04%, comprehend 95%, interest 87,37%, intention 83,13%, dan action 78,26%. Presentase akhir dari perkalian nilai-nilai tahapan CRI menghasilkan nilai akhir tahap action sebesar 53%.
References
Akmaludin, A. (2012). Analisa efektivitas komunikasi pemasaran produk Aqua menggunakan Customer Response Index melalui kegiatan promosi. Jurnal Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika, 10(1). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/5416
Amruddin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. (n.p.): Media Sains Indonesia.
https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_dan_Ku/ZLp _EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Arianto. (2021). Komunikasi pemasaran: Konsep dan aplikasi di era digital. Airlangga University Press.
https://www.google.co.id/books/edition/KOMUNIKASI_PEMASARAN_Konsep_dan_A plikasi/5oM8EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Best, R. J. (2012). Market-Based Management : Strategies for growing customer value and profitability. (6th ed.). New Jersey: Pretince Hall. https://mbm-book.com/wp- content/uploads/2021/04/Market-Based-Management-6th-Edition.pdf
Bungin, B. (2009). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana
Effendy. (2002). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurcholis, M. (2022). Studi Fenomenologi: Efektivitas co-branding dan fanatisme sebagai strategi pemasaran Mcdonald’s pada BTS meal. [Undergraduate Thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri]. http://repository.unpkediri.ac.id/4990/2/RAMA_61201_18102020258_0727127801_0701 018607_01_front_ref.pdf
Pratama, R.A. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Kesadaran Merek dan Sikap Pada Merek Aqua (Studi Kasus Iklan Humor Aqua Versi Berbicara Jepang). [Undergraduate Thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya]. http://repo.darmajaya.ac.id/233/4/BAB%20II.pdf
Rizaty, M.A. (2022). Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9738-juta- pengguna- instagram-pada-oktober-2022
Setiawan, T.P. (2012). Survei Online Penunjang Penelitian Praktis dan Akademis. [Semantik, Universitas Ciputra Surabaya]. http://eprints.dinus.ac.id/66/1/INFRM_18_- 085_SURVEI_ONLINE_PENUNJANG_PENELITIAN_PRAKTIS_DAN_AKADEMIS. pdf
Telaumbanua, L.I. (2020). Efektivitas Media Sosial Instagram Kedai Rhythm Surabaya. [Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=48188
Fidyah, N. (2018). Efektifitas iklan produk kosmetik Wardah melalui media sosial Instagram:
Studi pada follower @wardahbeauty pada media sosial Instagram. [Undergraduate
Thesis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta].
http://eprints.upnyk.ac.id/14233/2/skripsi%20full.pdf
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, 16(2).
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1283/1055