Efektivitas Iklan Product Placement Scarlett Whitening Dalam Drama Korea Reborn Rich Pada Masyarakat Jawa Timur

Monica Subijanto(1*), Gatut Priyowidodo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Scarlett Whitening merupakan perusahaan kecantikan yang didirikan pada tahun 2017. Scarlett memiliki berbagai produk berupa perawatan wajah, perawatan tubuh, dan perawatan rambut. Desember 2022, Scarlett melakukan product placement yang melibatkan dua produk, yaitu body lotion dan body wash. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas iklan product placement Scarlett Whitening dalam drama korea Reborn Rich pada masyarakat Jawa Timur. Dalam penelitian ini, efektivitas iklan diukur menggunakan metode Customer Response Index (CRI). Metode CRI mengukur respon dari tahap indikator awareness, comprehend, interest, intention, dan action menggunakan dua dimensi dalam product placement, yaitu visual dimention dan plot connection dimention. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah non-probability sampling dan purposive sampling dengan menyebarkan survei online menggunakan Google Form dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini adalah iklan product placement Scarlett Whitening masih belum efektif yang dibuktikan dengan hasil akhir perkalian CRI sebesar 41%. Penyebab strategi dan implementasi product placement Scarlett tidak efektif, khususnya di wilayah Surabaya dan Jawa Timur bagian tengah maupun Selatan disebabkan oleh tidak adanya auditory dimention. Audio- visual merupakan komponen utama agar aktivitas product placement efektif.


Keywords


product placement, efektivitas iklan, customer response index

Full Text:

PDF

References


Avery, R., & Ferraro, R. (2000). Verisimilitude or advertising? brand appearances on prime-time television. Journal of Consumer Affairs, 34(2), 217–244.

Azasya, S. (2020, June 28). [INFOGRAFIS] Benar gak sih sinetron kalah pamor dari drama korea? IDN Times. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/stella/infografis-benar- gak-sih-sinetron-kalah-pamor-dari-drama-korea

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and promotion: an integrated marketing communications perspective (10th ed.). McGraw-Hill Irwin.

Bernardin, H. J., & Russell, J. E. A. (1998). Human resource management: an experiential approach (2nd ed.). McGraw-Hill Education (ISE Editions).

Best, R. J. (2012). Market-based management. Pearson Education.

Ernestivita, G. (2017). Mengukur efektivitas tagline iklan televisi minuman ringan teh botol Sosro dengan metode Customer Response Index (CRI). EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2), 115–126.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran (2nd ed.). PT Prenhallindo.

O’Guinn, Thomas, C., Chris, T., Allen, & Richard, J. (2003). Advertising and integrated brand

promotion. South Western.

Yodmani, S., & Hollister, D. (2001). Disasters and Communication Technology : Perspectives

from Asia. Second Tampere Conference on Disaster Communications (pp. 28-30) Pratama, J. (2018). Pengaruh product placement terhadap brand awareness melalui film

[Universitas Atmajaya Yogyakarta]. http://e-journal.uajy.ac.id/16843/1/KOM04460.pdf

Setiawan, E. (2018). Efektivitas product placement tas Jansport dalam film Spider-man: Homecoming [Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=43045

Wulandari, K. A. (2019). Efektivitas product placement Hyundai pada drama Korea Descendant Of The Sun Terhadap Brand Awareness survey pada penonton drama Korea DOTS di Tangerang. Jurnal Visi Komunikasi, 18(2), 127–140. https://doi.org/10.22441/jvk.v18i2.9834


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI